Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laporkan Keuangan Penanganan Covid-19, Sebagian Besar Dana BNPB Disalurkan Ke Kementerian Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 06 April 2020, 16:40 WIB
Laporkan Keuangan Penanganan Covid-19, Sebagian Besar Dana BNPB Disalurkan Ke Kementerian Kesehatan
Doni Monardo/Net
rmol news logo Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan sejumlah anggaran prioritas untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di tanah air telah didistribusikan ke lembaga dan instansi terkait dalam beberapa tahap.

Hal tersebut disampaikan Doni Monardo yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI via teleconference, Senin (6/4).

Dia mengatakan, tahap pertama sebesar Rp 356 miliar telah disalurkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pembelian alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan lainnya.  

"Tahap pertama dana telah masuk ke rekening sebesar Rp 356 miliar dan ini telah disalurkan kepada Kemenkes dalam hal ini adalah PPK yang berasal dari pusat kritis. Prioritasnya adalah pembelian APD, kemudian rapid test, swab, ventilator, masker untuk dokter dan para perawat," ujar Doni Monardo.

Tahap kedua, lanjut dia, juga sudah masuk ke rekening BNPB sejumlah Rp 2,78 triliun pada (30/3) lalu untuk pelayanan kesehatan.

"Untuk pencegahan, pengendalian penyakit, farmasi, alkes, litbang Kemenkes serta mobilisasi pendampingan rapat dan keposkoaan gugus tugas," jelasnya.

Selain itu, kata dia, dana masuk juga telah didistribusikan kepada TNI saat menjemput puluhan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan ke Pulau Natuna, hingga penjemputan WNI melalui ABK disejumlah pulau.  

"Adapun dana tersebut telah disalurkan juga, yang pertama kepada Mabes TNI senilai 29 miliar lebih untuk operasional. Kemduian dana yang telah didistribuskan oleh BNPB juga terutama untuk kegiatan observasi," katanya.

Kemudian, masih kata Doni Monardo, kepada Kemenkes pada tahap awal pembelian APD ditransfer senilai Rp 245 miliar.

"Selanjutnya ada sejumlah usulan yang sedang di proses khususnya untuk opengadaan ventilator, reagen, rapid test dan banyak perlengakapn medis lainnya yang sedang dalam proses pengadaan," demikian Doni Monardo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA