Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prediksi SMI Jumlah Pasien Corona 95 Ribu Bisa Terjadi Kalau Fasilitas Medis Belum Siap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 07 April 2020, 08:26 WIB
Prediksi SMI Jumlah Pasien Corona 95 Ribu Bisa Terjadi Kalau Fasilitas Medis Belum Siap
Sri Mulyani ikut memprediksi jumlah pasien posotif Covid-19/Net
rmol news logo Prediksi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) yang menyebut jumlah pasien positif virus corona akan mencapai 95 ribu orang pada Mei 2020 bisa benar-benar terjadi, jika ketidaksiapan fasilitas medis masih saja terus terjadi.

Menurut Dosen Komunikasi Politik Universitas Bhayangkara Jaya, Diah Ayu Permatasari, prediksi terhadap jumlah positif Covid-19 memang sudah dilakukan oleh banyak ahli.

"Saya rasa banyak ahli yang mencoba memprediksi jumlah positif corona dengan berbagai metode. Ada yang pemodelan matematis, urutan geometri, ataupun metode lain dengan tingkat pendekatan dari yang best ataupun worst case scenario," ucap Diah Ayu Permatasari kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (7/4).

Angka 95 ribu yang disampaikan oleh Sri Mulyani, kata Diah Ayu, juga didapat dari kajian yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Perguruan Tinggi Negeri.

"Angka 95 ribu didapat dari kajian yang dilakukan oleh BIN, ITB, dan UI yang pernah menghitung dengan metode yang sama pada akhir Maret," jelas Diah Ayu.

Lanjut Diah Ayu, prediksi tersebut bukan mustahil terjadi, andai pola sosial masyarakat dan ketidaksiapan pemerintah dalam menyediakan fasilitas medis masih belum diperbaiki.

"Kemungkinan hal ini bisa saja dicapai, melihat dari density dan populasi masyarakat. Ditambah, apabila pola sosial masyarakat dan ketidaksiapan fasilitas medis masih menjadi hambatan," pungkas Diah Ayu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA