Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkes Pertajam Skill Tenaga Medis Puskesmas Tangani Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 07 April 2020, 10:45 WIB
Kemenkes Pertajam <i>Skill</i> Tenaga Medis Puskesmas Tangani Covid-19
Puskesmas/Net
rmol news logo Implementasi penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat desa atau kelurahan mulai dipersiapkan oleh pemerintah pusat, khususnya oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Salah satu yang dipersiapakan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dalam hal ini memberikan pelatihan terhadap tenaga medis di Puskesmas seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pelayanan Masyarakat (Yankes) Kementerian Kesehatan, Bambang Wibowo menjelaskan bahwa pelatihan yang dilakukan pihaknya diterapkan secara online.

"Pada saat ini, seluruh Puskesmas yang ada di seluruh Indonesia sudah dilakukan pelatihan online," ujar Bambang Wibowo dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (7/4).

Bambang Wibowo mengakui bahwa proses pelatihan sudah kelar. Oleh karenanya, seluruh tenaga medis di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini sudah bisa melaksanakan pemeriksaan Covid-19.

Beberapa hal yang diberikan saat pelatihan adalah mengenai materi pencegahan penularan virus corona, materi screening (pelacakan kasus Covid-19), serta penanganan.

"Sudah menjalankan prinsip-prinsip pencegahan, kemudian screening, dan juga mengatasi apa yang harus dilakukan setelah hasil screening itu diketahui," jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang Wibowo mengatakan bahwa tenaga medis di Puskesmas merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 untuk masyarakat. Oleh karena itu, skill yang dimiliki mereka haruslah ditingkatkan guna menangani pandemi global ini.

"Dalam situasi pandemi saat ini, Puskesmas menjadi bagian dari proses pelayanan yang sangat penting. Karena peran yang dilakukan oleh Puskesmas dari mulai mencegah, melakukan screening, sampai memberikan respon," pungkas Bambang Wibowo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA