Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Agar Distribusi APD Tepat Sasaran, Ketua DPR Usulkan Cara-cara Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 07 April 2020, 13:52 WIB
Agar Distribusi APD Tepat Sasaran, Ketua DPR Usulkan Cara-cara Ini
Ketua DPR, Puan Maharani/Net
rmol news logo Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang sudah menekankan bahwa penyaluran bantuan sosial harus tepat sasaran, seperti kepada masyarakat kecil yang membutuhkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Ini berarti pelaksanaan kebijakan di lapangan perlu dilakukan berbasis data yang akurat dan terbaru, serta prosesnya tidak berbelit-belit,” ujar Puan lewat keterangannya, Selasa (7/4).

Mantan Menteri PMK ini juga menekankan semangat tepat sasaran yang sama juga perlu diterapkan dalam penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai Rumah Sakit di daerah-daerah yang terdampak Covid-19.

“Pemerintah perlu memiliki database yang diperbarui secara real time terkait Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya memerlukan APD. Di mana saja, berapa banyak, dan bagaimana penyebarannya yang tepat,” paparnya.

Lanjut Puan, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, juga perlu menguatkan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam memastikan bahwa APD yang sudah sampai di daerah agar langsung didistribusikan dan benar-benar sampai di tujuan dalam waktu yang cepat.

“Kita tidak boleh berasumsi bahwa ketika APD sudah dikirimkan dari pusat ke daerah maka otomatis sudah akan diterima oleh Rumah Sakit tujuan. Perlu ada mekanisme untuk memastikan bahwa APD sudah diterima langsung oleh berbagai Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19,” urainya.

Karena itu, Puan menegaskan ada banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah agar distribusi APD bisa tepat sasaran dan berlangsung dalam waktu yang singkat.

“Saya yakin bahwa ini dapat dilakukan dengan penggunaan data akurat, penyederhanaan proses pengiriman, dan mekanisme pengawasan dari hulu ke hilir,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA