Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi XI Mendukung Kebijakan Menkeu Cegah Dampak Keuangan Wabah Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 07 April 2020, 14:29 WIB
Komisi XI Mendukung Kebijakan Menkeu Cegah Dampak Keuangan Wabah Virus Corona
Menteri Keuangan, Sri Mulyani/Net
rmol news logo KOmisi XI DPR RI menyatakan akan mendukung penuh kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam mengelola keuangan negara di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Ketua Komisi XI DPR RI Fraksi Golkar Dito Ganinduto menyebutkan, dukungan itu diberikan supaya pemerintah cermat dalam membuat kebijakan pencegahan dampak dari wabah Covid-19 untuk sektor keuangan.

“Komisi XI DPR RI mendukung upaya menteri keuangan dalam membuat membuat kebijakan keuangan negara dalam penanganan wabah COVID-19, mitigasi dampak-dampak Covid-19 serta penyelamatan perekonomian nasional,” ujar Dito dalam keterangannya, Selasa (7/4).

Dito menjelaskan Komisi XI akan membahas kebijakan keuangan negara secara regular dengan menteri keuangan, gubernur BI, ketua DK OJK, kepala LPS untuk menyusun pelaksanaan dan persyaratan ketentuan dalam melaksanakan kewenangan.

Hal tersebut guna mencegah dan menangani krisis sistem keuangan sebagai dampak dari sentimen Covid-19.

Dia menerangkan rapat kerja Komisi XI DPR RI bersama dengan instansi negara tersebut, telah diselenggarakan dengan lancar kemarin secara virtual.

“Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama di awal masa sidang III Komisi XI DPR RI, meskipun sebelumnya saya telah beberapa kali secara video conference bersama Menteri Keuangan, Gubernur BI, Ketua OJK, dan Kepala LPS memantau kondisi perekonomian dan sistem jasa keuangan pada masa reses,” jelasnya.

Dito menambahkan implikasi pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mengalami perlambatan dan penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara, nilai tukar rupiah, dan industri jasa keuangan.

“Sehingga diperlukan berbagai upaya oleh pemerintah untuk mencegah keparahan dan krisis kesehatan-kemanusiaan, krisis sosial, krisis ekonomi dan krisis keuangan dengan fokus kepada belanja kesehatan, social safety net, serta pemulihan perekonomian termasuk dunia usaha dan masyarakat yang terdampak,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA