Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pandemik Covid-19, Menkominfo Ajak Masyarakat Bermedsos Dengan Cerdas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 08 April 2020, 15:38 WIB
Di Tengah Pandemik Covid-19, Menkominfo Ajak Masyarakat Bermedsos Dengan Cerdas
Johnny Gerard Plate/Net
rmol news logo Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate mengajak masyarakat untuk menggunakan ruang digital melalui perangkat digital maupun telepon pintar secara cerdas di tengah pandemik Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Johnny mengingatkan masyarakat untuk tidak memproduksi dan mengedarkan hoax. Tindakan tersebut akan memiliki konsekuensi hukum. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat lebih dari 1.000 hoax terkait Covid-19 tersebar di platform digital.

"Sekali lagi, kami menyampaikan kepada masyarakat. Marilah saatnya kita. di momentum saat ini, untuk menggunakan ya, seluruh fasilitas di dalam ruang digital kita di handset dan gadget kita miliki secara cerdas," kata Johnny saat jumpa pers, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4).

Johnny menyampaikan hingga pagi ini, ada 474 isu hoax secara kumulatif dan tersebar di lebih dari 1.000 sebaran platform digital.

Menyikapi situasi ini, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pelaku platform digital, baik yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan Indonesia, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

"Kami meminta agar segera melakukan proses take down atau blokir terhadap hoaks dan disinformasi yang berada di platform mereka masing-masing," kata Johnny.

Sebanyak 1.125 sebaran hoax telah teridentifikasi, antara lain di Facebook 785 hoax, Twitter 324, Instagram 10 dan Youtube 6. Sejumlah isu hoax telah ditindaklanjuti oleh pelaku platform digital tersebut.

Johnny menegaskan bahwa tindakan memproduksi dan menyebarkan hoax  memiliki konsekuensi hukum, termasuk pelanggaran hukum pidana dan UU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.  

"Ada 77 tersangka yang sedang diproses, 12 di antaranya sudah ditahan dan 65 masih dalam proses," tambah Johnny.

Sementara itu, Johnny mendukung pesan yang disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengenai peran tokoh masyarakat di tingkat RT, RW maupun tokoh nonformal untuk menjelaskan kepada masyarakat.

"Peran RT, RW, kepala desa, kepala kampung menjadi posisi sangat sentral dan strategis di masyarakat,  untuk bersama-sama kita mengambil bagian mengikuti seluruh protokol pemerintah," katanya.

Pihaknya berharap dengan upaya semua pihak dapat memutus penyebaran virus SARS CoV-2 penyebab Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA