Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Kebutuhan Rumah Sakit, DPR Bergerak Bentuk Satgas Lawan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 09 April 2020, 10:33 WIB
Bantu Kebutuhan Rumah Sakit, DPR Bergerak Bentuk Satgas Lawan Covid-19
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad/Net
rmol news logo Satuan Tugas Lawan Covid-19 akan diluncurkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada siang ini, Kamis (9/4). Peluncuran akan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Satgas ini berasal dari lintas fraksi di parlemen dan nantinya bertanggung jawab terhadap Ketua DPR Puan Maharani. Satgas akan bertugas membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 di tiap-tiap daerah.

Dasco mengatakan, tujuan dibentuknya Satgas ini juga untuk menyambungkan pengusaha lokal agar membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit, Puskesmas di tiap-tiap daerah. Termasuk, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak ekonomi dari Covid-19 ini.

Mekanisme kerja dari satgas ini dilakukan melalui aplikasi atau website, #SatgasLawanCovid19.com. Nantinya 132 rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh pemerintah, Puskesmas-Puskesmas jika membutuhkan alat kesehatan bisa mengisi form di laman tersebut untuk kebutuhan tiga bulan ke depan.

"Tim Satgas akan bekerja sama dengan para pengusaha lokal atau donatur lokal yang dapat masuk ke website untuk melihat kebutuhan rumah sakit serta data yang terdampak ekonomi," tuturnya.

Adapun, kata Sufmi Dasco, cara kerja Satgas ini juga dalam upaya untuk memutus mata rantai birokrasi agar dukungan dapat tepat langsung kesasaran.

Begitu juga untuk penyaluran sembako, sebagai tahap awal akan difokuskan kepada masyarakat terdampak ekonomi di daerah Jabodetabek melalui pendataan oleh tiap-tiap kelurahan. Di mana masing-masing lurah dapat mengisi data jumlah orang yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

"Sebagai catatan, #Satgas Lawan Covid-19 ini tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang. Tetapi sumbangan dalam bentuk alat kesehatan, masker, Alat Pelindung Diri (APD), ventilator, sembako dan lain sebaginya yang akan langsung didistribusi ke RS-RS rujukan dan Puskesmas serta kelurahan-kelurahan yang ada," tegas politisi Gerindra ini.

Pendistribusian akan dipantau #SatgasLawanCovid19 melalui satuan-satuan kerja Satgas Daerah lawan Covid-19.

Rencananya, #SatgasLawanCovid 19 ini akan di launching pada siang ini sekira pukul 13.00 di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA