Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politisi Nasdem: Insan Pers Tumbuhkan Nasionalisme Lawan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 11 April 2020, 18:54 WIB
Politisi Nasdem: Insan Pers Tumbuhkan Nasionalisme Lawan Covid-19
Subardi/Net
rmol news logo Insan pers, turut berperan aktif menyadarkan masyarakat sekaligus membantu pemerintah melawan wahah virus corona atau Covid-19 di tanah air.

Anggota Komisi VI DPR, Subardi menyebutkan, dengan frekuensi pemberitaan yang efektif, pers berhasil mengejawantahkan sejumlah upaya penanganan pandemik Covid-19 ini.  

"Apresiasi saya setinggi-tingginya kepada insan pers yang telah menumbuhkan solidaritas dan kesadaran sosial dalam memerangi corona. Tanpa kesadaran sosial, upaya sekuat tenaga pemerintah tidak akan direspon baik," ujar Subardi dalam keterangannya, Sabtu (11/4).

Ketua DPW Partai Nasdem DIY ini menuturkan, sejumlah kebijakan dikeluarkan pemerintah mulai dari pengetatan warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia, relaksasi kredit bagi pelaku ekonomi kecil dan menengah, sosial dan physical distancing.

Kemudian, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hingga Perppu 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan pandemi virus corona, berhasil disampaikan dengan baik dan menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat agar waspada.

Atas dasar itu, Subardi menilai, ada kesamaan peran pers melawan Covid-19 dengan dengan masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI.

Saat itu, kata Subardi, insan pers aktif memberitakan semangat persatuan yang dampaknya menumbuhkan solidaritas dan kesadaran sosial bersama memerangi ancaman.

"Jika kita analogikan corona sebagai ancaman, maka peran pers saat ini sama seperti pada masa kemerdekaan. Pers berfungsi sebagai motor penggerak nasionalisme," tuturnya.

Lebih lanjut, Subardi menyadari saat ini yang dibutuhkan adalah kebersamaan. Sekuat apapun negara tidak akan mampu memerangi corona sendirian. Maka dari itu, gerakan nasionalisme melawan corona adalah mutlak dibutuhkan.

"Yakinlah dengan semangat nasionalisme kita mampu melewati masa-masa sulit ini. Terima kasih kepada insan pers yang tak kenal lelah meliput, memberitakan, dan membangun kesadaran sosial untuk mencegah wabah corona," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA