Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Ada Bentuk Fisiknya, Begini Cara Gunakan Kartu Prakerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Minggu, 12 April 2020, 00:56 WIB
Belum Ada Bentuk Fisiknya, Begini Cara Gunakan Kartu Prakerja
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto/RMOL
rmol news logo Pendaftaran program Kartu Prakerja telah resmi dibuka pendaftarannya pada Minggu (12/4) pukul 00.00 WIB dini hari. Untuk gelombang pertama ini, kuota pendaftar disediakan sebanyak 164 ribu peserta.

Dari jumlah tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berujar, pemerintah akan menyaring kembali masyarakat yang berhak mendapatkannya. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi setiap masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan melalui Kartu Prakerja ini.

Di antaranya, wajib sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berumur 18 tahun ke atas. Kedua, tidak sedang melanjutkan pendidikan atau berkuliah. Ketiga, tidak sedang bekerja atau belum mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, program Kartu Prakerja gelombang pertama ini juga akan diberikan kepada WNI yang kehilangan pekerjaan dan pelaku usaha yang terdampak wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Nantinya, masyarakat yang telah memenuhi syarat-syarat atau lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja, pemerintah belum memberikannya kartu secara fisik.

"Fasilitas yang diberikan oleh kartu prakerja yaitu kode unik 16 angka. Jadi kartu prakerja ini bentuknya bukan kartu fisik, tetapi ini kartu yang bisa diakses melalui online," terang Airlangga dalam teleconference bersama awak media, Sabtu (11/4).

Karena hal itu, para peserta yang lolos akan mendapatkan akun akses yang diberikan pemerintah. Akun inilah yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa platform pelatihan digital yang ditunjuk sebagai pelaksana program.

"Apabila pendaftaran diterima, kami akan mengkroscek datanya dengan data yang ada di tempat kami. Peserta bisa langsung membeli pelatihan yang diinginkan di berbagai toko, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, dan platform digital lainnya," imbuh mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan cara pakai Kartu Prakerja.

"Dan apabila pendaftaran belum diterima, dapat bergabung di gelombang pendaftaran berikutnya. Sehingga tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal. Nanti akan ada petunjuk di web-nya," pungkas Airlangga Hartarto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA