Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Warga Bejubal Antre di Stasiun Kereta, Komisi IX DPR: Itu Contoh PSBB Sulit Diterapkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 13 April 2020, 15:41 WIB
Ratusan Warga Bejubal Antre di Stasiun Kereta, Komisi IX DPR: Itu Contoh PSBB Sulit Diterapkan
Kepadatan penumpang Stasiun Bogor/Net
rmol news logo Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partonan Daulay mengaku terkejut dengan foto-foto masyarakat yang bejubel mengantre di Stasiun Kereta Api Bogor, Jawa Barat pagi tadi, Senin (14/4).

Pasalnya, dari foto tersebut menunjukkan bahwa kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum efektif.

"Saya terkejut melihat foto-foto yang dikirim kepada saya pagi ini. Ada banyak sekali warga kita dari beberapa stasiun penyangga Jakarta sangat padat dan berdesak-desakan antri masuk ke dalam kereta," kata Saleh Daulay.

"Ini salah satu contoh di mana PSBB itu sendiri itu memang agak berat untuk diterapkan," dia menegaskan.

Menurut Saleh Daulay, jika PSBB diterapkan seharusnya bantuan sosial berupa kebutuhan pokok masyarakat menjadi mutlak untuk dipenuhi.

Sebab, masyarakat tidak ada pilihan lain jika tidak bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasarnya untuk bertahan hidup di tengah pandemik Covid-19.

"Pemerintah harus punya solusi, karena sebagian mereka yang keluar itu adalah untuk bekerja. Mereka ini memang wajib bekerja, karena punya anak istri, tanggungan di dalam keluarganya yang harus mereka penuhi kebutuhan hidupnya," jelasnya.

Atas dasar itu, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menyarankan pemerintah untuk memberikan bantuan sosial dan subsidi kepada masyarakat terdampak Covid-19 di tanah air.

"Jika pemerintah melarang mereka (masyarakat) keluar rumah, maka konsekuensi mereka harus diberi bantuan sosial juga subsidi, yang betul- lengkap. Bukan hanya listrik saja. Tapi mereka butuh pangan, kebutuhan pokok sehari-hari yang harus mereka konsumsi," demikian Saleh Daulay.

Sebelumnya, Saleh Daulay mengunggah foto-foto di aku Facebook yang menggambarkan warga bejubel mengantre di Statiun Bogor. Dia mengaku mendapatkan foto-foto tersebut dari seorang wartawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA