Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivis ProDEM Khawatir Ada Conflict Of Interest Dalam Surat Stafsus Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 14 April 2020, 08:28 WIB
Aktivis ProDEM Khawatir Ada <i>Conflict Of Interest</i> Dalam Surat Stafsus Jokowi
Staf Khusus Presiden Jokowi, Andi Taufan Garuda Putra/Net
rmol news logo Surat berkop Sekretariat Kabinet Republik Indonesia yang bertanda tangan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Andi Taufan Garuda Putra menyita perhatian publik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Surat Andi Taufan Garuda Putra bernomor  003/S-SKP-ATGP/IV/2020 itu ditujukan kepada para camat di seluruh Indonesia. Isinya ajakan kerja sama relawan desa melawan Covid-19.

Dalam menindaklanjuti program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Andi Taufan Garuda Putra mengaku telah menerima komitmen dari PT Amartha Mikro Fintek (“Amartha”) melalui surat tertanggal 30 Maret 2020, untuk dapat berpartisipasi dalam menjalankan program tersebut di area Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

Surat ini menjadi sorotan publik lantaran Andi Taufan Garuda Putra merupakan pendiri sekaligus CEO dari PT Amartha Mikro Fintek.

Aktivis dari Pro Demokrasi (ProDEM) Adamsyah Wahab khawatir ada penyalahgunaan wewenang dalam kerja sama tersebut.

“Andi Taufan Garuda Putra selain Stafsus Presiden juga pemilik PT Amartha Mikro Fintek. Lha kok bisa? Apa tidak conflict of interest dan abuse of power?” tanyanya dalam akun Twitter pribadi, Senin (13/4).

Situs Amartha mengurai bahwa perusahaan yang berdiri pada tahun 2010 merupakan microfinance yang bermisi menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online.

Mereka hadir karena kegelisahan banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha akibat keterbatasan jaminan, fluktuasi pendapatan, dan ketiadaan sejarah kredit. Sementara, dengan teknologi yang tepat dan semangat gotong royong, Amartha percaya mereka dapat menjadi peminjam yang berkualitas. Di sisi lain, berinvestasi dalam usaha mikro terbukti menciptakan dampak sosial.

Amartha percaya kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi, dan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

Situs ini juga tegas menyebut bahwa Andi Taufan Garuda Putra merupakan pendiri sekaligus CEO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA