Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Rumah Sakit Darurat, Satgas Lawan Covid-19 DPR Bagikan Ribuan APD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 14 April 2020, 22:09 WIB
Kunjungi Rumah Sakit Darurat, Satgas Lawan Covid-19 DPR Bagikan Ribuan APD
Satgas Lawan Covid-19 DPR RI saat menyambangi rumah sakit darurat Covid-19/Repro
rmol news logo Satuan Tugas Lawan Covid-19 yang digagas sejumlah fraksi di DPR RI melaksanakan dua kegiatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran dan Rumah Sakit Amanda Cikarang, Jawa Barat, Senin (14/4).

Kedatangan Satgas Lawan Covid-19 tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi obyektif pelayanan kesehatan di dua RSD tersebut.

“Satgas memberikan apresiasi yang luar biasa terkait kerja hebat, kerja keras para dokter dan petugas medis yang saat ini melayani 581 pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet yang kemungkinan besar dapat terus bertambah,” ucap Deputi Penerangan Masyarakat Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Arteria Dahlan lewat siaran persnya, Selasa (14/4).

Dalam kesempatan tersebut, Satgas memberikan bantuan alat pelindung diri berupa 3.000 masker medis, 1.000 alat rapid test, dan buku panduan otoritas pemerintah tiongkok terkait protap penanganan corona. Satgas juga memberikan obat-obatan medis dan herbal terkait indikasi pasien yang memiliki gejala batuk dan sesak napas, diare dan mual, serta obat herbal yang direbus dengan kegunaan melawan virus dan memperkuat antibodi.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, para pengurus satgas juga memperhatikan kesehatan para tim medis, terutama dokter dan petugas medis yang bertugas serta memastikan terpenuhinya asupan nutrisi makanan, APD, alat medis dan juga fasilitas penginapan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Satgas akan berupaya penuh untuk membantu serta memfasilitasi RSD di dalam mengusahakan ketersediaan obat dan alat-alat kelengkapan medis yang semakin menipis jumlahnya, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer kacamata safety, dan lain-lain agar dapat tetap tersedia dalam keadaan darurat sekalipun,” paparnya.

Satgas Lawan Covid-19 juga akan bekerja sama dengan pemerintah seperti Kementrian PUPR guna menyiapkan kebutuhan oksigen sentral pada setiap ruangan ICU di Tower 7, dan mempercepat selesainya Tower 6 agar dapat difungsikan sebagai fasilitas dengan standar rumah sakit.

“Diharapkan semua tower dimanfaatkan maksimal sebagai upaya mitigasi tatkala adanya ledakan pasien pasca arus mudik, termasuk di dalam melakukan penyesuaian daya listrik dikarenakan akan banyak masuknya peralatan-peralatan medis yang membutuhkan daya listrik tinggi, melakukan perbaikan lift, perbaikan alur masuk pasien dan alur keluar masuk ambulans agar pelayanan dapat lebih efektif,” tandasnya.

Satgas Lawan Covid-19 DPR RI yang hadir dipimpin langsung oleh Koordinator Satgas, Sufmi Dasco Ahmad, Anggota Dewan Pengawas, Azis Samsuddin, Wakil Koordinator Ahmad Sahroni dan beberapa anggota Satgas seperti Arteria Dahlan, Melkiades Lakalena, Habiburokhman, Wihadi Wiyanto, Sari Yuliati, Fauzi Amro, M. Nabil Haroen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA