Mantan Ketua Bawaslu Muhammad Alhamid Resmi Nakhodai DKPP

Muhammad Alhamid/Net

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu telah resmi memilih Muhammad Alhamid sebagai Ketua DKPP untuk sisa masa bakti 2017-2020.

Terpilihnya Muhammad dilakukan dalam Rapat Pleno DKPP yang digelar di Lantai 5 Gedung Bawaslu RI, Jl. MH. Thamrin No. 14, Jakarta Pusat, Rabu (15/4).

Dalam rapat pleno tersebut, hadir tujuh Anggota DKPP, yakni Muhammad Alhamid, Ida Budhiati, Alfitra Salamm, Didik Suprayitno, Hasyim Asy’ari (ex officio KPU), dan Rahmat Bagja (ex officio Bawaslu).

Dalam keterangan pers Humas DKPP yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, pemilihan Ketua DKPP ini dilakukan secara musyawarah. Alhasil, seluruh Anggota DKPP memilih dan menetapkan Muhammad Alhamid sebagai Ketua DKPP.

"Hal itu berdasarkan Berita Acara Nomor 002/K.DKPP/SET-01/IV/2020," tulis siaran pers yang diterima redaksi.

Sebelum terpilih sebagai Ketua DKPP, Muhammad Alhamid menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DKPP sejak 8 Januari 2020. Ia dipilih melalui rapat pleno, setelah Ketua DKPP sebelumnya, Harjono mengundurkan diri karena ditunjuk Presiden menjadi Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Desember 2019.

Adapun pada hari ini juga, dilakukan pengucapan sumpah jabatan Anggota DKPP Pergantian Antar Waktu (PAW) Sisa Masa Tugas 2017-2020 untuk Didik Supriyanto. Pegiat Pemilu dari Perkumpulan Untuk Demokrasi (Perludem) ini menggantikan Harjono yang saat ini telah menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas KPK sejak Desember 2019.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar