Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hinca 'Hilang' Dari Pengurus Demokrat, Pengamat: Dia Terlalu Akomodatif Terhadap Pemerintah, Beda Dengan Jansen Sitindaon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 16 April 2020, 22:58 WIB
Hinca 'Hilang' Dari Pengurus Demokrat, Pengamat: Dia Terlalu Akomodatif Terhadap Pemerintah, Beda Dengan Jansen Sitindaon
SBY dan Hinca Panjaitan/Net
rmol news logo Ada perubahan yang cukup mencolok dalam struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Di periode 2020-2025, AHY menempatkan sejumlah politisi yang masih tergolong milenial. Sebalinya, tak banyak nama-nama politisi senior yang pada kepemimpinan SBY masuk struktural, seperti Hinca Panjaitan dan Syarief Hasan.

Mencermati hal ini, pengamat politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara menilai ada strategi yang tengah dibangun putra sulung SBY itu dalam menakhodai Demokrat lima tahun ke depan.

"Partai Demokrat memilih nama-nama yang punya daya komunikasi kuat sebagai 'penyeimbang' bagi pemerintah," kata Igor kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/4).

Seperti hilangnya nama mantan Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan. Menurut Igor, gaya Hinca dinilai kurang mendukung hasrat AHY yang ingin moncer di Pilkada 2020, bahkan di Pemilu 2024.

"Hinca Panjaitan tergusur dalam kepengurusan diduga karena tidak punya energi yang kuat dan cenderung akomodatif terhadap pemerintah sekarang ini. Posisi Hinca Panjaitan mirip Bara Hasibuan di PAN," jelas Director Survey and Polling Indonesia (SPIN) ini.

Hal itu tentu berbeda dengan nama-nama yang kini ditempatkan AHY di jajaran Sekjen dan Wasekjen yang berjumlah 10 orang.

"Hinca berbeda dengan Jansen Sitindoan yang sigap melakukan counter serangan terhadap AHY dan Partai Demokrat, misalnya kritikan keras mantan kader seperti Ruhut Sitompul. Namun patut disayangkan nama Rachland Nashidik tidak masuk dalam daftar pengurus inti," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA