Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tujuh Polda Naik Tipe A, Kompolnas: Harus Diikuti Peningkatan Kinerja Dan Profesionalitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 17 April 2020, 11:57 WIB
Tujuh Polda Naik Tipe A, Kompolnas: Harus Diikuti Peningkatan Kinerja Dan Profesionalitas
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti/Net
rmol news logo Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyetujui kenaikan tipe tujuh Polda menjadi satu tingkat lebih tinggi atau dari tipe B menjadi tipe A.

Ketujuh Polda yang naik tipe antara lain, Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat, dan Polda Bangka Belitung. Nantinya Kapolda akan dijabat oleh Jenderal Bintang dua atau Irjen.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengingatkan, kenaikan tipe Polda ini harus tersebut jangan hanya disambut gembira karena naiknya pangkat menjadi satu tingkat lebih tinggi, melainkan juga harus diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja.

“Harus diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja, pimpinan dan anggota dalam melayani, melindungi, mengayomi masyarakat, dan menegakkan hukum, guna mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat agar semakin baik di wilayahnya,” kata Poengky kepada wartawan, Jumat (17/4).

Khusus bagi polda yang mempunyai wilayah laut yang luas dan banyaknya pulau-pulau, seperti Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, dan Polda Sulawesi Tenggara.

Dengan naiknya tipe diharapkan masyarakat di pulau-pulau terpencil dapat merasakan kehadiran aparat kepolisian, sehingga masyarakat merasa lebih terlindungi.

Sementara untuk Polda Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia diharapkan dapat lebih profesional dalam mengatasi gangguan keamanan di perbatasan negara, seperti human traficking, illegal fishing, dan kekhawatiran masuknya jaringan teroris.

“Peningkatan tipe polda ini  akan dievaluasi secara  berkala, sehingga memungkinkan jika ternyata dalam pelaksanaan tugas tugasnya dianggap kurang maksimal, maka tipe akan diturunkan,” pungkas Poengky.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA