Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri ESDM Harus Jujur, Kenapa Tak Turunkan Harga BBM Meski Minyak Mentah Dunia Anjlok?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 21 April 2020, 14:27 WIB
Menteri ESDM Harus Jujur, Kenapa Tak Turunkan Harga BBM Meski Minyak Mentah Dunia Anjlok?
Menteri ESDM, Arifin Tasrif/Net
rmol news logo Transparansi harus menjadi hal yang wajib dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berkaitan dengan harga bahan bakar minyak (BBM) yang tak kunjung diturunkan.

Sebab, keputusan pemerintah yang tak kunjung menurunkan BBM kontras dengan anjloknya harga minyak mentah dunia.

"Menteri ESDM (Arifin Tasrif) harus terbuka pada publik, bagaimanapun pemerintahan dibentuk untuk berupaya memudahkan hidup masyarakat, bukan sebaliknya," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (21/4).

Pengamat politik jebolan Universitas Telkom ini meminta pemerintah jujur soal alasan tidak menurunkan harga BBM di tengah pandemik virus corona baru atau Covid-19 ini. Sebab, jika dalam situasi seperti saat ini pemerintah menurunkan harga BBM, diyakini roda ekonomi perlahan akan bergerak.

"Minyak mentah dunia turun drastis, memang (pemerintah) terkesan tidak jujur. Seolah memang ada upaya menghindari penurunan harga BBM. Harusnya pemerintah ikut serta menurunkan harga dan itu sangat membantu masyarakat di tengah wabah," demikian Dedi Kurnia Syah.

Diketahui, Harga minyak acuan AS West Texas Intermediate (WTI) anjlok ke level negatif atau berada di bawah 0 dolar AS per barrel per Senin (20/4). Mengutip Financial Times, Selasa (21/4), harga minyak acuan WTI untuk pengiriman Mei 2020 sempat anjlok 250 persen ke level -40,32 dolar AS per barrel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA