Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Diminta Pulangkan WNI Dari Negara Yang Lockdown

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 21 April 2020, 23:01 WIB
Pemerintah Diminta Pulangkan WNI Dari Negara Yang <i>Lockdown</i>
Suhendra Hadikuntono/Net
rmol news logo Ribuan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri mengalami nasib yang kurang mengenakan di negara-negara yang melakukan lockdown. Atas alasan itu, pemerintah didesak untuk segera memulangkan mereka yang berada di Amerika Serikat dan Malaysia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Nasib WNI yang terjebak di negara-negara yang menerapkan lockdown sungguh memprihatinkan. Mereka harus segera dipulangkan ke Tanah Air, bagaimana pun caranya," ujar pengamat intelijen senior, Suhendra Hadikuntono kepada wartawan, Selasa (21/4).

Suhendra lantas mencontohkan nasib ribuan WNI di Malaysia. Mayoritas mereka yang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) terkatung-katung sejak pemerintah negeri jiran menerapkan kabijakan lockdown.

Bahkan, sambungnya, banyak di antara WNI itu yang terancam kelaparan karena tidak masuk daftar bantuan pemerintah Malaysia.

Suhendra meminta pemerintah untuk segera mencari solusi memulangkan para WNI tersebut. Menurutnya, kemanusiaan harus diutamakan dalam hal ini. Terlebih konstitusi mengamanatkan untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Kalau memang tidak bisa dengan pesawat, mereka bisa dipulangkan dengan kapal laut. Pemerintah RI harus bertindak cepat," jelasnya.

Namun demikian, dia menekankan agar pemulangan ribuan WNI dari luar negeri itu dilakukan sesuai protokol kesehatan berstandar World Health Organization (WHO), terutama di pintu-pintu masuk baik jalur udara, laut maupun darat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA