Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BG Dukung Sandi Komandoi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 22 April 2020, 17:46 WIB
BG Dukung Sandi Komandoi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19
Kepala BIN, Budi Gunawan/RMOl
rmol news logo Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 resmi dideklarasikan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta sebagai bagian dari upaya mengatasi pandemik virus corona baru (Covid-19) di Indonesia.

Hadir dalam deklarasi antara lain Sandiaga Uno, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan perwakilan TNI, Polri, serta pihak kementerian terkait.

Budi Gunawan sebagai inisiator relawan Covid-19 ini mengatakan, tujuan dari dari pembentukan relawan ini merupkan wujud kepedulian dan peran serta komponen bangsa dalam penanganan Covid-19. Selain itu, mantan Wakapolri ini merestui relawan dari berbagai komponen masyarakat dikomandoi oleh Sandiaga Salahudin Uno.

“Mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih ke Sandiaga dan seluruh relawan dari Indonesia Bersatu. Kita tahu bahwa sekarang bangsa dan dunia sedang menghadapi Covid-19. Ini lawan kita bersama, dengan bergabungya komponen masyarakat yang dikoordinir Pak Sandi, optimis terhadap penanganan Covid-19 semakin cepat kita pulih dalam rangka mendisiplinkan masyarakat, gotong royong,” kata Budi Gunawan di lokasi deklarasi, Rabu (22/4).

Mantan Wakapolri ini menegaskan, kunci keberhasilan penanganan Covid-19 ini adalah kedisiplinan masyarakat, gotong-royong, dan ketenangan. Dengan begitu, virus corona yang menjadi musuh bersama ini bisa cepat ditangani dan keadaan kembali normal seperti biasa.

“Kerja sama dari rekan-rekan wartawan juga sangat diperlukan agar masyarakat bisa semakin disiplin dan tenang,” tambah BG.

Setelah resmi deklarasi, Sandiaga Uno kemudian membuka kegiatan rapid test massal untuk masyarakat luas. Menurut Sandiaga, masyarakat bisa langsung datang ke lokasi dan mendaftar rapid test.

“Langsung datang ke sini dan mendaftar, ke depan akan kami buka pendaftaran online,” ujar Sandiaga.

Untuk hari ini, Sandiaga menyebut sudah 350 orang mendaftar dan sedang menjalani rapid test. Ke depannya, jumlah itu akan bertambah dan kegiatan ini dilakukan secara gratis. “Kami sediakan 5.000 alat rapid test, akan ditambah lagi,” sambung Sandiaga.

Dalam pelaksanaan deklarasi dan rapid test massal, protokol kesehatan untuk mencegah corona tetap diutamakan. Peserta maupun relawan diawasi ketat untuk bisa menjaga jarak.

Setiap orang yang masuk ke kawasan itu juga wajib mencuci tangan, diberikan masker, dan disemprot cairan disinfektan. Khusus petugas medis yang melakukan rapid test, semuanya memakai pakaian alat pelindung diri (APD) yang steril.

Deklarasi ini dihadiri sejumlah perwakilan relawan yakni Sedulur Jokowi Bambang Spautra, Seknas Jokowi Dono Prasetyo, KSBSI Mudofir, Relawan Solmed Silfer Matutina, Selebriti dan Kopi Panas Foundation Pricia Wulan Nasution, Kepala Media DKN Dinda Cempaka Syahnas.

Ketum Rumah Sandiuno, Sandimania, Ketua Yayasan emak-emak Pulo Kambing Novita, BEM Jakarta Novan, BEM Nusantara Dimas, Ketua Forum Tahlil Indonesia Gus Fayat, Ketua Satgas PBNU Abdul Wahid, dan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA