Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mayoritas Masyarakat Tidak Mudik Karena Takut Menulari Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 23 April 2020, 14:18 WIB
Mayoritas Masyarakat Tidak Mudik Karena Takut Menulari Corona
Mudik/Net
rmol news logo Di tengah pandemi Covid-19, mayoritas masyarakat di tujuh provinsi lebih memilih untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halamannya. Tercatat sebanyak 86,3 persen masyarakat tidak akan mudik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari dalam rilis survei Indo Barometer bersama RRI tentang "Survei Jurnalisme Presisi: "Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Mudik Lebaran", Kamis (23/4).

"Mayoritas besar publik menyatakan tidak akan mudik 86,3 persen," ujar Qodari.

Namun begitu, masih ada masyarakat yang tetap memilih akan mudik ke kampung halamannya. Meskipun presentase masyarakat yang memilih mudik cenderung rendah.

"Masih ada 11,8 persen yang menyatakan akan mudik. Yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 2 persen," kata Qodari.

Adapun alasan tidak akan mudik yang paling banyak adalah takut tertular atau menularkan virus corona, yakni sebanyak 38,5 persen. Kemudian untuk mencegah penyebaran virus corona sebesar 21,2 persen dan mengikuti anjuran pemerintah 12,2 persen.

Survei ini digelar pada 9 hingga 15 April di tujuh provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Survei Jurnalisme Presisi ini menggunakan metode quota & purposive sampling melalui wawancara via telepon seluler dari 400 responden dengan margin of error sebesar 4,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA