Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPPU Bakal Panggil Erick Thohir Soal Dugaan Mafia Alkes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 23 April 2020, 18:10 WIB
KPPU Bakal Panggil Erick Thohir Soal Dugaan Mafia Alkes
Menteri BUMN, Erick Thohir/Net
rmol news logo Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan dengan gamblang bahwa selama ini terdapat madia alat kesehatan yang membuat Indonesia kesulitan mendapatkan sejumlah alat kesehatan (Alkes).

Akibatnya, tim medis yang menangani wabah virus corona baru (Covid-19) sudah mendapatkan jatah Alkes.

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Saragih menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan proses penyelidikan untuk mengungkap adanya mafia dalam pengadaan alat kesehatan oleh BUMN.

“Soal pernyataan Pak Erick Thohir terkait impor lkes dan farmasi. Sektor ini jadi prioritas bagi KPPU. Masih dalam proses penyelidikan. Rapid test kita process inisiatif karena ada dua kategori produk bersar di pangan dan kesehatan dalam pandemi Covid-19,” ujar Guntur dalam video conference bersama Wartawan, Kamis (23/4).

Guntur mengatakan, KPPU sebagai lembaga negara akan menjalankan mekanisme penyelidikan mafia Alkes sesuai dengan prosedur penegakkan hukum dan akan memanggil Menteri BUMN Erick Thohir untuk dimintai keterangannya.

“Kami dalam waktu dekat meminta keterangan kementerian bumn. Ada hal yang sudah terjadi. Memang potensi persaingan pelaku usaha domainnya di kami, meskipun demikian kami ada istilah-istilah yang jadi konsumsi publik dan tetap dalam absolut kompetesi kami dalam persaingan usaha,” bebernya.

Setelah melalui proses pemeriksaan awal, kata Guntur, KPPU bisa menentukan dalam konteks UU 5/1999 akan berlanjut pada pemeriksaan lanjutan atau tidak.

“Ini berkembang dari mafia kesehatan yang dilontarkan Pak Erick Thohir,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA