Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerja Sama Dengan Donald Trump Cara Jokowi Caper Ke Xi Jinping

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 26 April 2020, 10:43 WIB
Kerja Sama Dengan Donald Trump Cara Jokowi <i>Caper</i> Ke Xi Jinping
Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyetujui kerja sama pengadaan ventilator dengan Presiden RI Joko Widodo. Publik beranggapan bahwa pengadaan ventilator itu disetujui lantaran Indonesia juga sepakat untuk meminjam uang dari Amerika.

Namun demikian, anggota Komisi XI DPR Kamrussamad melihat hal berbeda dari kerja sama tersebut. Menurutnya kerja sama itu dilakukan lantaran banyak negara yang ramai-ramai memesan ventilator ke China.

Jika Indonesia melakukan hal serupa, maka bisa jadi pesanan itu lambat sampai ke tanah air.

“Presiden Jokowi paham betul bahwa seluruh negara di dunia yang terdampak pandemik pesan ventilator di Tiongkok,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (26/4).

Selain mencari alternatif agar pengiriman ventilator bisa cepat, Jokowi juga memanfaatkan momentum itu untuk mencari perhatian (caper) dari Presiden China Xi Jinping.

“Bisa jadi diplomasi Presiden Jokowi ke Trump sesungguhnya agar Presiden XI Jinping memberikan perhatian ke Indonesia sebagai negara produsen ventilator terbesar di dunia,” beber politisi Gerindra itu.

Terlepas dari hal tersebut, Kamrussamad meminta agar pemerintah fokus pada kebijakan anggaran ke sektor kesehatan sebagai prioritas.

Dia mengingatkan bahwa kekurangan masker N95 membuat para medis kesulitan bekerja optimal. Jangan sampai juga Indonesia kekurangan ventilator yang vital menyelamatkan nyawa manusia dari Covid-19.

“Stimulus dan kebijakan fiskal harus difokuskan ke sektor kesehatan, membangun laboratorium BSL-3 (bio safety Level) untuk pemeriksaan sampel swab dengan teknologi PCR. Rakyat kita perlu dilakukan test massal swab,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA