Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Perlu Belajar Dari Lockdown Vietnam Yang Berhasil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 27 April 2020, 09:02 WIB
Indonesia Perlu Belajar Dari <i>Lockdown</i> Vietnam Yang Berhasil
Kondisi di Vietnam/Net
rmol news logo Indonesia harus bisa belajar dari negara lain dalam menangani sebaran wabah virus corona baru (Covid-19). Salah satunya, Vietnam yang berhasil menerapkan lockdown dengan tidak ada korban yang meninggal akibat corona.

Begitu kata sosiolog Musni Umar dalam channel YouTube pribadinya, Senin (27/4).

"Berita terbaru Vietnam selama lockdown tidak ada yang meninggal dunia. Indonesia saat PSBB masih banyak yang meninggal dunia," jelas Musni.

Untuk itu, rektor Universitas Ibnu Chaldun ini mengajak masyarakat Indonesia untuk berkolaborasi dengan semua elemen lainnya dalam melawan penyebaran virus corona.

"Langkah yang harus dilakukan pertama menjaga masyarakat untuk tidak panik," ujar Musni.

Menurutnya ini merupakan awal yang penting. Sebab, jika masyarakat tenang, maka penyebaran virus corona dapat dikendalikan.

Selanjutnya Musni mengajak masyarakat untuk jangan takut berlebihan. Hal itu karena kesembuhan dari penyakit ini bukanlah hal yang mustahil. Layaknya Vietnam, Indonesia pun bisa melakukan hal serupa.

"Yang penting dilakukan adalah partisipasi masyarakat. Kita harus kompak melawan. Karena kalau ini dibiarkan dampak ekonomi akan sangat besar sekali. Juga juga kita mendorong masyarakat tetap menjaga kesehatan.  Dengan waspada ciri-ciri awal corona," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA