Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Calon Ibukota Rawan Tsunami, Saiful Anam: Kenapa Ngotot Sekali Ingin Pindah?

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 27 April 2020, 13:16 WIB
Calon Ibukota Rawan Tsunami, Saiful Anam: Kenapa Ngotot Sekali Ingin Pindah?
Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta (Unas), Saiful Anam/Net
Presiden Joko Widodo seharusnya mengurungkan niat untuk melanjutkan proyek pemindahan ibukota baru. Hal ini seiring adanya penelitian bahwa calon ibukota baru di Kalimantan Timur rentan dilanda tsunami yang dipicu longsor bawah laut.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta (Unas), Saiful Anam mengaku heran dengan kengototan pemerintah untuk memindahkan ibukota. Apalagi, proses pemindahan tidak ditunda sekalipun negeri sedang diserang wabah Covid-19.

"Saya kira ini menjadi pertanyaan besar, ada apa kok ngotot sekali ingin memindahkan Ibukota? Apalagi di tengah rakyat membutuhkan uluran tangan untuk mengatasi Covid-19. Pemerintah justru masih ingin mengambil langkah melakukan pinjaman lagi," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/4).

Saiful Anam mendesak agar Presiden Jokowi untuk segera membatalkan proyek ibukota baru. Apalagi, alasan pembatalan semakin kuat setelah adanya penelitian dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menyatakan bahwa lokasi calon ibukota baru tidak bebas dari ancaman tsunami.

“Ingat, rakyat hari ini juga bukan minta ibukota pindah, tapi bagaimana penanganan Covid-19 benar-benar tertangani dengan benar,” tegas Saiful.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA