Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Christina Aryani Dorong Pemerintah Lakukan Pendataan PMI Di Malaysia Dan Segera Salurkan Bantuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 28 April 2020, 17:40 WIB
Christina Aryani Dorong Pemerintah Lakukan Pendataan PMI Di Malaysia Dan Segera Salurkan Bantuan
Christina Aryani/Net
rmol news logo Komisi I DPR RI mendorong pemerintah melakukan pendataan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di luar negeri, khususnya di Malaysia yang terkena imbas kebijakan lockdown pemerintah setempat.

Pendataan ini, antara lain untuk memastikan PMI yang belum mendapatkan bantuan kebutuhan pokok dari pemerintah, bisa segera mendapatkan bantuan.

Begitu kata anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Selasa (28/4).  

"Kami mendorong agar pendataan yang membutuhkan bantuan dan distribusi bantuan bisa dijalankan dengan lebih cepat. Mengingat sudah banyak PMI yang kesulitan memenuhi kebutuhan makannya," ucap Christina.

Christina menyatakan, terkait nasib para PMI di Malaysia, pihaknya telah menyampaikan langsung kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto agar pemerintah menjamin kebutuhan pokok PMI.

Terutama, bagi PMI berpenghasilan harian yang notabene masuk kelompok rentan terdampak Covid-19.

"Sebagaimana telah kami sampaikan pada Menlu dan Panglima TNI, kami meminta agar kebutuhan pokok kelompok rentan pekerja harian yang dengan berlakunya Movement Control Order/PKP menjadi kehilangan penghasilannya agar diperhatikan," tuturnya.

"Bantuan sembako sudah dijalankan oleh Kemenlu melalui perwakilan kita di Malaysia hanya saja belum semua yang membutuhkan bisa menerima," imbuh Christina Aryani.

Lebih jauh daripada itu, lanjut Politisi muda partai Golkar ini, per 25 April 2020 pihaknya mencatat baru 135 ribu bantuan berupa paket sembako telah disalurkan ke negeri Jiran.

Namun begitu, Christina Aryani menegaskan DPR memastikan tetap melakukan pengawasan.  

"Terhitung 25 April baru 135 ribu paket sembako yang berhasil disalurkan. Padahal jumlah yang membutuhkan jauh di atas itu," demikian Christina Aryani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA