Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Cara Kaum Buruh Memperingati May Day 1 Mei Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 30 April 2020, 17:18 WIB
Begini Cara Kaum Buruh Memperingati May Day 1 Mei Besok
Presiden KSPI, Said Iqbal (tengah)/RMOL
rmol news logo Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) yang terdiri dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) akan tetap memperingati May Day 1 Mei 2020.

Hari Buruh yang jatuh pada Jumat besok akan diperingati dalam bentuk bhakti sosial dengan memberikan baju APD tenaga medis lengkap ke rumah sakit dan klinik.

Penyerahan APD ini akan dilakukan pada 1 Mei 2020. Diantaranya di RS di Tangerang akan dipimpin oleh Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea, RS di Bekasi akan dipimpin oleh Presiden KSPI Said Iqbal, dan RS di Jakarta akan dipimpin oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban.

Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan, selain melakukan bhakti sosial, KSPI juga akan melakukan aksi virtual kampanye di media sosial untuk menyuarakan tuntutan buruh, seperti setop pemutusan hubungan kerja (PHK), dan liburkan buruh dengan upah dan tunjangan hari raya (THR) 100 persen.

KSPI mendesak agar pemerintah melakukan langkah sungguh-sungguh untuk mencegah PHK.

}Perusahaan yang melakukan PHK harus diaudit oleh akuntan publik. Untuk melihat apakah benar-benar rugi atau menjadikan alasan pandemi untuk memecat buruh," kata Said Iqbal.

Hal yang lain, KSPI juga akan melakukan kegiatan yang diberi nama "Penggalangan dana buruh for solidaritas pangan dan kesehatan".

Di beberapa daerah, tambah Said Iqbal, juga akan dibuka lumbung pangan, dengan mengumpulkan atau menyediakan bahan makanan untuk masyarakat sekitar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA