Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi III DPR: Irjen Fadil Cocok Untuk DNA Jawa Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 23:09 WIB
Komisi III DPR: Irjen Fadil Cocok Untuk DNA Jawa Timur
Penunjukkan Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Jawa Timur dinilai tepat dan cocok/Net
rmol news logo Rotasi yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis terhadap Irjen Muhammad Fadil Imran sebagai Kapolda Jawa Timur dinilai tepat.

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan mengatakan, Fadil memiliki basic reserse yang lengkap sehingga mampu memberi penguatan bagi Polda Jatim, khususnya dalam mencermati kondisi objektif saat ini.

“Bang Fadil ini kan salah satu role model polisi kita saat ini. Muda, cerdas, intelek, inovatif, berani, sekaligus hangat dan memiliki komunikasi publik yang mumpuni. Nah DNA yang seperti ini cocok untuk di Jawa Timur,” kata Arteria dalam keteranganya, Sabtu (2/5).

Arteria menganggap Fadil mumpuni untuk menjabat Kapolda lantaran memiliki segudang prestasi. Misalnya menggawangi Direktur Siber Bareskrim Polri pertama. Kemudian saat menjadi Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter), alumnus Akademi Kepolisian 1991 itu menetapkan pidana korporasi dalam kasus Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Begitu juga secara akademis beliau telah berhasil meraih gelar Doktor Kriminologi dari Universitas Indonesia. Yang tidak kalah pentingnya, beliau memiliki komunikasi publik yang sangat baik. Bahkan komunikasi politiknya telah mampu menghilangkan sekat antara institusi kepolisian dan kementerian/lembaga,” papar Arteria.

Arteria berpendapat, Jawa Timur ibarat miniatur Indonesia atau Indonesia Kecil karena memiliki keragaman budaya. Menurutnya, Jawa Timur adalah bumi Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki penduduk dengan karakter agamis tetapi tetap nasionalis atau lebih dikenal nasionalis religius.

Ia bahkan mengklaim, jika dilihat dari tingkat ekonomi, pendidikan, serta kesejahteraan, orang Jawa Timur relatif lebih baik dibanding dengan daerah lain. Demikian juga jika dilihat dari aspek kesejarahan, di mana Jawa Timur sempat menjadi pusat peradaban nusantara bahkan bagian dari peradaban dunia.

"Artinya memimpin dan mengelola kepentingan serta melaksanakan fungsi penegakan hukum dan tugas-tugas Kepolisian di Jawa Timur merupakan tantangan tersendiri. Saya yakin beliau (Fadil) pasti bisa," ujar Arteria.

"Saya berharap Bang Fadil dapat melanjutkan kerja-hebat yang telah dikerjakan oleh Pak Luki, dan saya yakin beliau mampu membumikan sekaligus menghadirkan visi Promoter Polri di Jawa Timur," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA