Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR: Impor TKA China Sama Saja Pemerintah Gagal Kelola Kualitas Pekerja Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 03 Mei 2020, 15:55 WIB
DPR: Impor TKA China Sama Saja Pemerintah Gagal Kelola Kualitas Pekerja Lokal
Ilustrasi TKA Asal China/Net
rmol news logo Rencana kedatangan 500 tenaga kerja asing asal China dilakukan karena alasan minimnya kemampuan pekerja Indonesia di sejumlah bidang.

Pernyataan yang disampaikan Kemenaker tersebut pun menunjukkan tabir bahwa pemerintah gagal dalam meningkatkan kualitas pekerja di Indonesia.

“Ini secara tidak langsung menunjukkan kegagalan pemerintah dalam meningkatkan kualitas kompetensi pekerja sesuai kebutuhan industri,” kata anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, Minggu (3/5).

Sejatinya, ia berpandangan bahwa sumber daya manusia di Tanah Air cukup melimpah. Hal itulah yang disayangkan DPR lantaran beberapa perusahaan justru memilih mengimpor para pekerja dari luar negeri.

Mengenai alasan ketidakkompetennya para pekerja lokal, seharusnya pemerintah melakukan cara lain di luar mendatangkan pekerja asing.

“Kalau belum sesuai kompetennya kan bisa dilakukan re-skilling dan ini justru menjadi refleksi sekaligus evaluasi buat pemerintah dong. Segitu banyaknya jumlah pekerja lokal, masa sih enggak ada yang punya kompetensi yang dibutuhkan,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA