Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Penurunan Ekonomi, Saiful Anam: Hentikan Proyek Pemindahan Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 04 Mei 2020, 14:09 WIB
Antisipasi Penurunan Ekonomi, Saiful Anam: Hentikan Proyek Pemindahan Ibukota
Saiful Anam/Istimewa
rmol news logo Anjloknya perekonomian sebagai dampak dari pandemik virus corona baru (Covid-19) bukan tak bisa diantisipasi, minimal dikurangi daya anjloknya. Namun, semua cara yang dilakukan tergantung kemauan dan keseriusan pemerintah.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam mengatakan, banyak cara agar pemerintahan Presiden Joko Widodo dapat menghindari anjloknya perekonomian di tengah pandemik Covid-19. Salah satunya ialah menghentikan proyek pemindahan Ibukota.

"Yang harus dilakukan pemerintah, setop semua proyek-proyek strategis. Jangan lagi bicara pemindahan ibukota, pembangunan kereta cepat, tol dan proyek-proyek lainnnya," ucap Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (4/5).

Karena, kata Saiful, jika proyek strategis tersebut dihentikan maka pemerintahan Jokowi tidak perlu berutang. Sehingga dapat lebih fokus kepada keuangan negara untuk menangani Covid-19 beserta dampak yang timbul.

"Minta penundaan pembayaran utang kepada negara atau lembaga pemberi utang. Kalau perlu mintakan restitusi," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Saiful, masih banyak cara lain untuk mengatasi defisit keuangan negara. Di antaranya potong gaji dan pendapatan Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat BUMN, dan lembaga negara hingga 50 persen.

"Toh di saat seperti ini kerjanya juga tidak signifikan. Kalau perlu, seluruh pejabat negara, sebagaimana UU ASN, ditangguhkan gajinya untuk enam bulan ke depan," pungkas Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA