Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Balas Sindiran Cak Thoriq, Bupati Boltim: Anda Cuma Kasih 5 Kg, Saya Minimal 15 Kg Beras Premium

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 06 Mei 2020, 08:27 WIB
Balas Sindiran Cak Thoriq, Bupati Boltim: Anda Cuma Kasih 5 Kg, Saya Minimal 15 Kg Beras Premium
Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar/Net
Dua bupati terlibat ketegangan di media sosial, yaitu Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Awalnya, Bupati Sehan Landjar menyita perhatian publik setelah videonya mencak-mencak bantuan dana desa viral di media sosial. Sehan Landjar kala itu mempermasalahkan koordinasi antar menteri yang mempersulit penyaluran bantuan di lapangan.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau yang dikenal Cak Thoriq lantas tampil membela pemerintah. Dia membuat video untuk meluapkan kekecewaannya pada Sehan Landjar yang mengumpat menteri.

Cak Thoriq mengatakan bahwa semua menteri sudah bekerja keras dan melakukan hal terbaik dalam memberi inovasi program bantuan langsung untuk masyarakat, termasuk para bupati.

Dia lantas menunjukkan proses distribusi bantuan yang dilakukan di Lumajang. Data transparan yang ditempel di tempat umum pun dipamerkan dalam video itu. Katanya, data itu bisa dievaluasi melalui musyawarah desa jika ditemukan ketidaksesuaian peruntukan.

“Kalau ada bupati mengatakan menteri bodoh, jangan-jangan dia tidak bisa ngurus daerahnya, dia tidak bisa ngurus wilayahnya,” sindir Cak Thoriq pada Sehan Landjar.

Kini Sehan Landjar membuat video untuk membalas sindiran tersebut. Dia menguraikan alasan mencak-mencak. Pertama karena dirinya tidak boleh memberikan stimulan beras ke rakyatnya yang mendapat BLT dan BLT juga belum datang.

Sehan Landjar lantas mengurai jumlah dan kualitas beras yang diberikan di Lumajang.

“Perlu diingat bupati lumajang, anda cuma kasih 5 kilo, saya minimal 15 kilo dan beras premium,” tuturnya sembari memastikan tidak ada gaji PNS yang terpotong.

“Kalau anda 5 kilo saja sudah rasa gede, ini saya tidak, bahkan saya kalau ibu-ibu (lansia) saya tambah dua juta. JHT, stimulus lagi dengan 10 kilo,” sambungnya penuh penekanan.

Sehan Lanjar meminta Cak Thoriq untuk fokus urus rakyat Lumajang ketimbang mengomentari keluhan dirinya. Kalaupun ada menteri yang keberatan, sambung Sehan Landjar, itu akan menjadi urusannya.

“Jadi kalau anda cuma 23 ton, saya punya 900 ton beras premium, gula pasir 100 ton, minyak 100 ton, 209 ribu kaleng ikan kaleng,” kata Sehan Landjar.

“Saya sudah mulai (kerja) 4 April, anda baru mulai sekarang,” demikian bupati Boltim itu.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA