Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Penanganan Covid-19, CSIS: BNPB Tidak Berpengalaman Dalam Penanganan Bencana Non Alam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Mei 2020, 16:29 WIB
Soal Penanganan Covid-19, CSIS: BNPB Tidak Berpengalaman Dalam Penanganan Bencana Non Alam
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo/Net
rmol news logo Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyoroti tanggung jawab besar yang diemban oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Disampaikan oleh Direktur Eksekutif CSIS Indonesia, Philip Vermonte, BNPB memiliki pekerjaan rumah yang berat dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, karena pada dasarnya badan tersebut tidak memiliki pengalaman untuk menangani bencana non-alam seperti wabah.

"Saat ini, BNPB yang selama ini fokus pada penanganan bencana alam menjadi penanggung jawab penanganan Covid-19," ujar Philip dalam webinar bertajuk "Indonesia-Korea Cooperation in Dealing with Covid-19", Rabu (6/5).

"Untuk itu, mereka sangat butuh untuk meningkatkan kerja sama dengan institusi lain, terutama Kementerian Kesehatan secara teknis," imbuhnya.

Selain karena tidak memiliki pengalaman, penanganan Covid-19 oleh BNPB juga dihambat dengan adanya desentralisasi. Di mana tidak ada satu komando di tubuh BNPB, mengingat setiap daerah memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing.

"Jadi kita juga harus memikirkan mengenai pangaturan institusional dalam memitigasi Covid-19. Karena jauh dari Covid-19, saya pikir kita memiliki masalah persiapan institusionalisasi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA