Farah.ID
Farah.ID

Transportasi Umum Kembali Diizinkan Beroperasi, Saiful Anam: Pemerintah Tampar Muka Sendiri

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 07 Mei 2020, 10:40 WIB
Transportasi Umum Kembali Diizinkan Beroperasi, Saiful Anam: Pemerintah Tampar Muka Sendiri
Saiful Anam/Istimewa
Rencana Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali membuka akses transportasi darat, udara, dan laut di tengah pandemik Covid-19 dinilai sebagai ketidakkonsistenan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan.

Pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai, rencana Menhub Budi Karya Sumadi seolah menampar muka pemerintah sendiri yang sebelumnya telah melakukan pembatasan terhadap akses transportasi.

"Itulah ketidakkonsistenan pemerintah, kebijakan tersebut sama saja menampar muka sendiri. Sedari awal pemerintah mencoreng kebijakan yang dikeluarkannya sendiri," ucap Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/5).

Saiful pun mempertanyakan nasib kebijakan larangan mudik yang telah dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo sebelumnya.

"Lalu apa artinya kebijakan larangan mudik yang diambil oleh pemerintah? Atau ini yang disebut pulang kampung boleh?" tanya Saiful.

Bahkan, Saiful pun curiga ada pihak yang melakukan tekanan kepada pemerintah agar kembali mengoperasikan transportasi umum.

"Atau memang pemerintah mendapatkan tekanan oleh kelompok-kelompok tertentu agar tetap mengoperasikan angkutan umum? Kalau benar bisa bahaya, negara bisa kalah atau disetir oleh kelompok tertentu," pungkas Saiful.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA