PAN Reformasi Diumumkan Usai Lebaran, Waketum PAN: Itu Hak Politik Pak Amien

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Viva Yoga Mauladi/Net

Hengkangnya Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional digadang-gadang untuk memuluskan langkah sang ayah, Amien Rais, dalam membentuk partai baru. Hanafi disebut-sebut akan menjadi Ketua Umum bagi partai baru yang dibentuk Amien Rais sebagai tandingan dari PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan.

Toh, bagi PAN, itu tampaknya bukan sebuah perkara besar. Karena, setiap warga negara berhak untuk menyalurkan aspirasi politiknya di mana saja.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Viva Yoga Mauladi mengatakan, hak politik dan hak untuk kebabasan dalam mengemukakan pendapat setiap warganegara Indonesia dijamin oleh konstitusi.

“Jika Pak Amien Rais, seperti yang diberitakan media merencanakan akan membentuk partai politik baru, itu adalah hak politik Pak Amien Rais yang dijamin Undang-undang,” ujar Viva Yoga lewat keterangannya kepada wartawan, Kamis (7/5).

Viva menyiratkan, dengan dibentuknya PAN Reformasi menandakan mantan Ketua MPR RI tersebut telah putus hubungan dengan partai yang dahulu didirikannya di awal era reformasi.

“Jika nantinya terwujud partai politik baru yang didirikan Pak Amien, maka dapat dikatakan Pak Amien Rais meninggalkan PAN, partai yang beliau dirikan,” paparnya.

“Pak Amien Rais adalah salah satu pendiri PAN, di samping pendiri lainnya, yaitu Amien Azis, AM Fatwa, Gunawan Muhammad, Toety Herawaty, Albert Hasibuan, Sindhunata, Faisal Basri, Putrajaya Husein, dan lainnya,” tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar