Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BP2MI Bentuk Tim Investigasi Terkait Pelarungan 3 Jenazah ABK TKI Dari Kapal China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 09 Mei 2020, 20:21 WIB
BP2MI Bentuk Tim Investigasi Terkait Pelarungan 3 Jenazah ABK TKI Dari Kapal China
Kepala BP2MI, Benny Rhamdani/BNPB
rmol news logo Viralnya video pelarungan Anak Buah Kapal (ABK) yang merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) oleh Kapal Tiongkok ke laut lepas turut disoroti Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani.

Dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Benny Rhamdani menyatakan, pemerintah memiliki keharusan untuk memastikan keselamatan ABK yang masih berlayar maupun yang telah kembali.

Sehingga menurutnya, insiden yang menimpa 3 ABK Kapal Long Xing yaitu Muh. Alfatah, Sepri dan Ari, adalah momentum untuk memperbaiki sistem tata kelola Pekerja Migran Indonesia (PMI) khusus pekerja Kapal.

"Ini menjadi momentum perbaikan tata kelola pekerja migran ABK. Selama ini  memang belum ada ketegasan dalam pengaturan pembagian kewenangan tata kelola penempatan dan pelindungan ABK Perikanan, serta pihak-pihak yang berhak untuk melakukan penempatan," ujar Benny Rhamdani.

Lebih lanjut, Politisi Partai Hanura ini mengatakan bahwa BP2MI telah melakukan beberapa langkah terkait hal ini. Yaitu membentuk tim investigasi untuk menyelidiki proses penempatan ABK yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok tersebut.

Selain itu, BP2MI juga menindaklanjuti  dengan melayangkan surat ke Mabes Polri untuk mendukung proses penyelidikan kasus-kasus pengaduan ABK yang telah diterima oleh BP2MI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA