Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berjasa Jaga Perairan Tanah Air, Menteri Edhy Naikkan Kesejahteraan Awak Kapal Pengawas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 10 Mei 2020, 19:39 WIB
Berjasa Jaga Perairan Tanah Air, Menteri Edhy Naikkan Kesejahteraan Awak Kapal Pengawas
Ilustrasi penangkapan pelaku ilegal fishing/Ist
rmol news logo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyusun sejumlah strategi dalam rangka memperkuat pengawasan sumber daya Kelautan. Setelah menambah jumlah kapal pengawas di awal tahun, kini giliran kesejahteraan awak kapal pengawas KKP yang ditingkatkan.

Peningkatan kesejahteraan tersebut dapat dilaksanakan setelah Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) yang diajukan KKP disetujui Kementerian Keuangan melalui Surat Nomor: S-334/MK.02/2020 tanggal 30 April 2020.

Berdasarkan surat tersebut, komponen-komponen yang mengalami kenaikan antara lain biaya delegasi untuk juru masak, bahan makanan awak kapal pengawas, biaya delegasi operator speed boat pengawas, dan honor tenaga kontrak pelaut.

”Alhamdulillah, meskipun belum semua usulan diakomodir, namun upaya untuk meningkatkan kesejahteraan awak kapal pengawas tercapai berupa kenaikan pada beberapa komponen tunjangan yang diperoleh," ungkap Menteri KKP, Edhy Prabowo, Minggu (10/5).

Edhy pun memberikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Keuangan yang sudah menyetujui usulan SBML yang diajukan oleh KKP.

"Mudah-mudahan kenaikan ini semakin meningkatkan semangat dan menjaga integritas Awak Kapal Pengawas dalam memberantas illegal fishing,” sambungnya

Menurutnya, kenaikan komponen kesejahteraan tersebut merupakan bentuk perhatian dan apresiasi yang diberikan negara atas segala jerih payah para awak kapal pengawas KKP dalam menjaga laut Indonesia dari ancaman para pelaku illegal fishing serta destructive fishing.

"Mereka harus berjibaku di laut, sering kali menghadapi perlawanan dari pelaku illegal fishing bahkan terkadang intimidasi dari aparat negara tetangga. Peningkatan kesejahteraan ini layak diberikan dan mudah-mudahan semakin meningkatkan etos kerja awak kapal pengawas KKP,” pungkas Edhy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA