Hasil Survei, 79,6 Persen Masyarakat Miskin Terdampak Corona Belum Terima Bansos

Survei CESPELS soal masyarakat miskin terdampak Covid-19/Repro

Realisasi pembagian bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat dinilai sangat amburadul di tengah kebutuhan yang meningkat selama Pandemik Covid-19.

Hal itu semakin diperkuat dari hasil Survei Nasional Covid-19 yang diselenggarakan oleh Center for Social Political Economic and Law Studies (CESPELS) yang melibatkan 1.053 responden di 34 Provinsi di Indonesia.

Direktur Konsultasi dan Kerjasama CESPELS, Fuad Adnan mengatakan, mayoritas responden menyatakan belum menerima bantuan sosial dari pemerintahan Jokowi sejak diumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

"Mayoritas responden sebesar 79,6 persen menyatakan bahwa realisasi bantuan sosial pemerintah belum sampai kepada mereka," ucap Fuad Adnan saat memaparkan hasil Survei Nasional melalui aplikasi meeting online, Senin (11/5).

Apalagi, dalam survei ini pun menyebut bahwa mayoritas responden tidak memiliki tabungan untuk biaya hidup dua bulan ke depan.

"Mayoritas responden sebesar 69,4 persen menyatakan kemampuan ekonominya tidak cukup untuk biaya hidup dua bulan ke depan. Ini artinya kelas menengah dalam dua bulan ke depan akan bergeser menjadi kelas bawah," jelas Fuad.

Survei Nasional ini diselenggarakan sejak 21 April hingga 3 Mei 2020 dengan melibatkan 1.053 responden di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan teknik sampling menggunakan stratified random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen serta menggunakan sumber dana mandiri.

Kolom Komentar