Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Andre Rosiade Minta Pemerintah Beri Dukungan Stimulus Ke BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 14 Mei 2020, 11:36 WIB
Andre Rosiade Minta Pemerintah Beri Dukungan Stimulus Ke BUMN
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade/Net
rmol news logo Pemerintah perlu memberi dukungan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dukungan itu penting karena BUMN punya peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Begitu kata anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menanggapi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah 23/2020 sebagai turunan dari Perppu 1/2020.

“PEN harus memberikan stimulus kepada BUMN kita, terutama untuk BUMN yang menjalankan penugasan dan BUMN yang terlibat dalam proyek strategis nasional,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/5).

Dukungan itu bisa diberikan dalam tiga bentuk. Pertama, dalam bentuk percepatan pembayaran utang pemerintah yang berasal dari utang subsidi atas kebijakan, terutama kepada PLN dan Pertamina.

Selanjutnya bisa berupa penyertaan modal negara (PMN) pada BUMN yang sedang terdampak Covid-19, seperti Hutama Karya, PNM, Askrindo, dan Jamkrindo.

“Terakhir, pemberian dana talangan dalam bentuk investasi pemerintah yang harus dikembalikan dan ada biaya dananya, terutama kepada BUMN yg mengalami tekanan arus kas karena Covid 19, seperti Garuda Indonesia, Krakatau Steel, dan holding PTPN,” sambungnya.

Bagi wasekjen DPP Partai Gerindra ini, stimulus penting untuk memastikan kelangsungan bisnis BUMN. Termasuk memastikan pelayanan BUMN kepada masyarakat luas tetap dapat berlangsung.

Dia berharap DPR harus bisa merespons dengan segera jik ada permintaan pemerintah untuk membahas stimulus BUMN tersebut.

“Walau sekarang sedang masa reses saya menyarankan agar segera diadakan Rapat Kerja antara Komisi VI dengan Kementerian BUMN,” tutup letua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA