Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar Hari Jumat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 18 Mei 2020, 08:33 WIB
Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar Hari Jumat
Aktivitas melihat hilal/Net
RMOL. Akhir bulan Ramadhan 1441 Hijriyah tinggal sebulan lagi. Artinya, umat Islam segera merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran.

Untuk menentukan awal bulan Syawal, yang menjadi peringatan Idul Fitri, Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali menggelar sidang isbat pada Jumat (22/5) mendatang. Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi akan memimpin langsung sidang isbat.

Sidang ini akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kemenag.

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim seperti dikutip laman Setkab, Senin (18/5).

“Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,” lanjutnya.

Peliputan acara ini juga dilakukan secara terbatas. Kemenag akan bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Sementara media lain yang ingin menyiarkan sidang isbat diminta berkoordinasi dengan TVRI.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” tuturnya.

Sidang isbat akan dimulai pukul 17.00 dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag  Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari  80 titik di seluruh Indonesia.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” tutup Agus Salim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA