Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Hal Yang Disampaikan Menkes Terawan Dalam Sidang Majelis Kesehatan Dunia WHA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Mei 2020, 13:47 WIB
Tiga Hal Yang Disampaikan Menkes Terawan Dalam Sidang Majelis Kesehatan Dunia WHA
Menteri Kesehatan Terawan Putranto dalam sidang WHA Jenewa
rmol news logo Indonesia menyatakan siap berkontribusi untuk meningkatkan produksi antivirus dan vaksin Covid-19 untuk kebutuhan global.

Dalam sidang Majelis Kesehatan Dunia atau World Health Assembly (WHA) yang berlangsung 18-19 Mei 2020 secara virtual, utusan Indonesia yang diwakili oleh Menteri Kesehatan Terawan Putranto menekankan perlunya Multilateralisme sebagai landasan kerja sama internasional.

"Yang terhormat kepada seluruh yang hadir. Di luar penghargaan kami kepada WHO, untuk setiap dukungan dan upaya terus-menerus dalam mengoordinasikan tanggapan bersama global, kami memperluas simpati dan belasungkawa kami kepada semua yang telah terpengaruh terhadap dampak ini,"  ujar Terawan, berbicara pada sesi awal sidang.

"Hari ini dunia bersatu untuk melawan musuh bersama. Hal itu sangat berdampak pada sosial dan ekonomi global di setiap negara," lanjut Terawan mendapat bagian berbicara setelah delegasi dari Australia, seperti dikutip dari video sidang WHA pada laman resmi WHO.  

Terawan menyampaikan, Indonesia bergabung dengan upaya global untuk terus meningkatkan tindakan terpadu untuk memilih, mendeteksi, dan menanggapi dengan jelas Covid- 19.

Di masing-masing bagian Indonesia telah merumuskan serangkaian kebijakan untuk melawan virus corona  dalam semua aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi, melalui seluruh pemerintah dan seluruh pendekatan terkait.

"Izinkan saya untuk menekankan hal penting bagi kita untuk memberikan tindakan yang seragam dan sinergis untuk mengakhiri pandemik Covid-19 dengan tiga catatan ini," ujar Terawan yang menyampaikan dalam bahasa Inggris.  

Dalam penanganan pandemik yang saat ini melanda seluruh dunia, Indonesia menekankan tiga poin penting yang diuraikan Terawan, yaitu: Pertama, memperkuat solidaritas politik bersama. Kedua, memastikan rantai pasokan global untuk obat-obatan esensial dan peralatan medis untuk tiap negara sesuai dengan kebutuhannya.  Memastikan mekanisme akses yang tepat waktu untuk obat-obatan dan vaksin Covid-19 yang ramah lingkungan.

"Ketiga, mendukung kekuatan para pemimpin negara kita dalam pemenuhan kebutuhan krusial. Multilateralisme harus tetap menjadi landasan bagi kerja sama internasional, dan Indonesia berkomitmen untuk mendukung keberhasilan uji coba solidaritas WHO."  

Sebagai penutup Terawan menyatakan kesiapan Indonesia untuk berkontribusi dalam peningkatkan produksi antivirus dan vaksin Covid-19  untuk kebutuhan global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA