Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei RTK: 76.7 Persen Responden Mengaku Tidak Pernah Dapat Bantuan Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 19 Mei 2020, 15:52 WIB
Survei RTK: 76.7 Persen Responden Mengaku Tidak Pernah Dapat Bantuan Corona
Direktur Riset Roda Tiga Konsultan (RTK), Muh. Taufiq Arif/Net
rmol news logo Selain kasus virus corona baru (Covid-19) yang terus menjadi sorotan, bantuan akibat dampak virus tersebut juga mendapat respons publik.

Lebih dari tiga per empat responden, yaitu 76.7 persen mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan selama pandemik Covid-19.

Demikian disampaikan Direktur Riset Roda Tiga Konsultan (RTK), Muh. Taufiq Arif dalam rilis survei bertajuk 'Pandangan Masyarakat terhadap Penanganan Pandemik Covid-19', Selasa (19/5).

Jelas Taufiq Arif, dari yang menjawab pernah menerima bantuan (23.3 persen), bantuan yang diterima berasal dari pemerintah kabupaten/kota (10 persen), pemerintah pusat (5.3 persen), dan pemerintah provinsi (3.0 persen).

"Ternyata bantuan dari lembaga sosial yaitu 4.8 persen cukup berperan, bahkan lebih tinggi daripada bantuan yang diterima dari pemerintah provinsi dan hampir setara dengan pemerintah pusat," kata dia.

Responden juga diminta untuk memberi penilian terhadap tiga lapisan pemerintahan dalam menangani Covid-19. Survei ini menunjukkan bahwa kinerja ketiga lapisan pemerintahan dalam menangani pandemik dinilai relatif sama, yaitu sama-sama sedang-sedang saja dan tidak istimewa.

Dari ketiga lapisan pemerintahan tersebut, kinerja pemerintah pusat dianggap relatif paling rendah (nilai rata-rata: 6.78/10) dibanding pemerintah provinsi (nilai rata-rata: 7.05/10), dan pemerintah kabupaten/kota (nilai rata-rata: 6.99/10).

Dalam hal ini, terang Taufiq Arif, pemerintah provinsi dianggap mempunyai kinerja yang relatif lebih baik. Menarik untuk dilihat bahwa responden yang menerima bantuan dari pemerintah provinsi hanya sebesar 3.0 persen, paling rendah. Namun, kinerjanya dianggap lebih baik daripada kinerja pusat maupun kabupaten/kota.

"Tampaknya pemberitaan tentang figur para gubernur dan kegiatannya mampu mengatasi minimnya bantuan dari pemerintah provinsi," demikian Taufiq Arif.

Survei RTK pada 7 sampai 17 Mei 2020 dilakukan dengan menghubungi responden melalui telepon. Survei telepon dipilih karena merupakan cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan di tengah kondisi PSBB, dengan mempertimbangkan aspek metodologis secara seksama.

Responden dipilih berdasarkan bank data nomor kontak responden yang pernah diwawancarai dalam survei-survei sebelumnya, yaitu sejumlah 10.456 data. Bank data ini merupakan hasil dari stratified random sampling pada survei skala nasional maupun Provinsi dan Kabupaten/kota yang telah dilakukan oleh RTK sebelumnya.

Dari bank data tersebut diambil secara stratified random sampling sebanyak 1.200 responden dengan margin of error 2.89 persen dan confidence level pada 95 persen.

Survei ini bertujuan untuk mengetahui awareness dan pandangan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah serta bagaimana dampak dari pandemi ini terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA