Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi Berharap Ada Produksi Vaksin Covid-19 Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 20 Mei 2020, 13:12 WIB
Presiden Jokowi Berharap Ada Produksi Vaksin Covid-19 Dalam Negeri
Presiden Joko Widodo ini saat melaunching produk riset, tekhnologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 secara daring/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo berharap ada Indonesia dapat memproduksi vaksin secara mandiri dalam penuntasan pandemik virus corona baru atau Covid-19.

"Kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," ujar Presiden Jokowi ini saat melaunching produk riset, tekhnologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 secara daring, Rabu (20/5).

Berdasarkan laporan Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), Jokowi mengungkapkan, Lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai 7 urutan genome.

"Genome lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin, dan saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19," kata Jokowi.

Untuk itu, dia berharap agar segala bentuk penemuan riset, inovasi dan tekhnologi bisa dikembangkan lebih lanjut. Hal itu sangat berguna untuk penanganan virus corona di dalam negeri dam bahkan luar negeri.   

"Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium. Jangan juga hanya sebatas prototype saja, tapi harus terus berlanjut, harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara," tutur mantan Walikota Solo ini.

"Untuk itu, kerjasama dan kolaborasi antar kekuatan anak bangsa harus diperkuat, lembaga-lembaga Litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat, semuanya harus bekerja sama membangun ini," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA