Harkitnas, Sandiaga Uno Ajak Brand Lokal Kumpulkan Donasi Untuk Covid-19

Sandiaga Salahuddin Uno/RMOL

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari ini dimanfaatkan Sandiaga Salahuddin Uno dengan mengajak brand lokal menggelar lelang untuk mengumpulkan donasi bagi terdampak Covid-19 bersama Ultimate U melalui Gugus Tugas Relawan.

Ajakan tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam diskusi online bertajuk 'Semangat Kebangkitan Brand Lokal' yang disiarkan langsung lewat Instagram @UltimateU_ID dan @RumahSiapKerja secara serentak di seluruh kanal Instagram Live brand lokal.

Adapun brand lokal nasional yang diajak berdonasi antara lain SAGE, NIION, Tanair, Two-D, BHS, Amble, dan Staycool.

Acara tersebut dimulai dengan melakukan diskusi santai antara Sandiaga Uno dan para pebisnis muda brand lokal Tanah Air. Mereka berbagi mengenai strategi bertahan dalam menghadapi situasi pandemik saat ini.

“Makna yang kita temukan di tengah pandemik Covid-19 ini adalah perlunya mengamankan kekuatan ekonomi kita, yaitu kekuatan ekonomi brand lokal Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Sementara itu, dr. Tirta yang didaulat sebagai moderator acara juga menyampaikan pentingnya kebersamaan, kolaborasi dan gotong royong sesama pelaku bisnis dalam menghadapi situasi saat ini.

“Dari lelang ini harapannya bukan sekadar nominal, tetapi semangat UMKM walaupun saat ini kita lagi habis-habisan, kita memilih untuk bersatu untuk men-trigger teman-teman brand lokal lain untuk saling membantu, gerakan membeli satu sama lain, dan kelebihan rezeki kita bisa pakai untuk teman-teman kita yang membutuhkan dalam aksi kemanusiaan,” ujar Tirta.

Pada kesempatan yang sama, Agit Bambang sebagai owner dari brand AMBLE, menceritakan pengalamannya memulai bisnis brand sepatu. Brand ini diawali dengan ketidakmampuannya dalam membeli produk sepatu kulit semasa kuliah di Bandung.

Berbekal sisa uang beasiswa, Agit mengunjungi sentra pembuatan sepatu Cibaduyut. Awalnya hanya berniat membeli, namun malah tertarik bergelut dalam bidang bisnis pembuat sepatu lokal, hingga akhirnya brand AMBLE menjadi salah satu brand sepatu lokal dengan desain yang menarik.

Di sisi lain, Sandiaga menjelaskan bahwa kegiatan donasi tersebut dimulai pukul 18.00 WIB dengan mengunjungi laman Instagram @UltimateU_ID dan melakukan bidding pada kolom komentar pada posting “Auction for Donation”.

“Dengan melakukan auction for donation, insya Allah kita bisa mengangkat semangat baru untuk menopang UMKM kita,” tegas Sandi.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar