Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Buruh, SPSI Kabupaten Bandung Siap Kucurkan Bantuan Pinjaman Rp 10 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 22 Mei 2020, 10:26 WIB
Bantu Buruh, SPSI Kabupaten Bandung Siap Kucurkan Bantuan Pinjaman Rp 10 Triliun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Untuk membantu kalangan buruh yang saat ini ikut terdampak pandemik covid-19, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bandung kini menyiapkan program pinjaman khusus.

Pada tahap pertama, program yang diberi label SPSI Peduli ini menyiapkan dana sebesar Rp 10 triliun bagi 100.000 buruh dengan maksimal pinjaman sebesar Rp 10 juta per orang.

Begitu dikatakan Ketua Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit SPSI Kabupaten Bandung, Uben Yunara, dalam keterangannya kepada sejumlah wartawan, Kamis (21/5).

Uben menuturkan, program ini diinisiasi SPSI bekerja sama dengan perusahaan besar di Jakarta sebagai penyedia anggaran yang akan mulai bergulir awal Juni hingga Juli mendatang.

“Teknis untuk mendapatkan bantuan ini para buruh hanya diwajibkan mengajukan syarat berupa KTP-elektronik dan Kartu SPSI. Tanpa ada rekomendasi dari SPSI tidak bisa dicairkan,” jelas Uben, dinukil Kantor Berita RMOLJabar.

Bantuan pinjaman tersbut, tambah Uben, diprioritaskan bagi para buruh yang saat ini dirumahkan serta bagi mereka yang saat ini telah berstatus kontrak dengan masa kerja sudah di atas 3 tahun.

“Untuk pengembalian pinjaman diambil dari upah kerja yang dibayarkan oleh perusahaan masing-masing. Karena program SPSI ini pun bekerja sama dengan pabrik tempat buruh bekerja,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA