Tim Satgas Covid-19 DPR Dukung Penerapan Kebijakan New Normal

Ketua Tim Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad/Net

Tim Satgas Lawan Covid-19 DPR RI melakukan safari kepada sejumlah kementerian/lembaga, untuk memantau kesiapan pelaksanaan kebijakan new normal, pasca pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir.

Salah satu yang disambangi Tim Satgas Lawan Covid-19 DPR adalah Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, di Jakarta, Kamis (28/5).

“Kami ke Kementerian Perekonomian. Sudah dipaparkan dengan baik mengenai jangka panjang dan jangka pendek new normal di berbagai sektor,” ujar Ketua Tim Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Menurut Wakil Ketua DPR itu, data yang dipaparkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sangat akurat. Oleh karena itu, dia optimistis penerapan new normal dapat dilaksanakan dengan baik.

“Secara umum kami menilai sudah cukup baik, mendekati sempurna,” ucap Sufmi yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Menko Perekonomian Airlangga sebelumnya memaparkan kesiapan pelaksanaan new normal pada Tim Satgas Lawan Covid-19 DPR.

Menurutnya, keberhasilan program sangat bergantung pada kesiapan pemerintah daerah.

"Kami sampaikan kepada DPR bahwa yang menentukan itu nanti adalah kepala-kepala daerah, sektor-sektor dan Satgas Covid-19,” katanya.

Airlangga menambahkan, kesiapan pelaksanaan new normal bergantung pada data persebaran Covid-19 yang berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Data tersebut nantinya diakurasi oleh Kementerian PPN/Bappenas, sehingga menggambarkan secara nyata keadaan sebenarnya di daerah-daerah.

“Data diakurasi oleh Bappenas, sehingga mencerminkan daerah per daerah, jadi tidak one size fit for all,” pungkas Airlangga.

Kolom Komentar