Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasan Basri: Satgas Covid-19 Harus Pastikan Sekolah Memulai Tahun Ajaran Baru Berada Di Zona Hijau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 29 Mei 2020, 22:08 WIB
Hasan Basri: Satgas Covid-19 Harus Pastikan Sekolah Memulai Tahun Ajaran Baru Berada Di Zona Hijau
Kegiatan belajar mengajar di kelas/Net
rmol news logo Rencana dimulainya tahun ajaran baru bagi siswa masih menjadi perdebatan hangat dan tidak tidak sedikit yang menolak dengan alasan kesehatan di tengah pandemik Covid-19.

Founder Millenial Talk Institute, Hasan Basri bisa memaklumi perdebatan tersebut. Pasalnya, semua orang tua masih was was dengan kesehatan anaknya di tengah situasi pandemik.

"Banyaknya penolakan khususnya dari para orang tua, sebab keselamatan ialah hal yang tak dapat ditawar lagi," ujar Hasan Basri kepada redaksi, Jumat (29/5).

Sekalipun pendidikan juga penting bagi siswa, kata Hasan, unsur kesehatan juga mutlak harus dijamin.

"Pembukaan sekolah harus dijamin oleh pernyataan dari Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah, bahwa sekolah yang dibuka berada di wilayah hijau alias bebas virus corona," ucapnya.

Ada banyak hal terkait protokol kesehatan yang perlu di edukasi kepada siswa sebelum sekolah dibuka. Setidaknya soal pemakaian masker di ruang terbuka.

"Kebijakan yang akan diputuskan haruslah memperhitungkan persoalan tentang kesiapan para murid mulai dari bisakah anak-anak memahami bahwa perlu mengganti masker dalam setiap 4 jam atau saat maskernya mulai kotor atau basah?" jelasnya.

"Bisakan anak-anak saling menjaga jarak, tidak memegang atau mengusap area wajah selama disekolah?" imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta pemerintah untuk cermat sebelum akhirnya mengambil keputusan kapan sekolah kembali memulai aktivitas belajar mengajar.

"Kami mendorong pemerintah untuk memperhatikan ini semua demi keselamatan dan Kesehatan kita semua," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA