Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Refly Harun: Pemimpin Yang Baik Itu Mendengar Kritik, Bukan Nyerang Balik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 30 Mei 2020, 23:27 WIB
Refly Harun: Pemimpin Yang Baik Itu Mendengar Kritik, Bukan Nyerang Balik
Refly Harun menyindir pemerintah yang seolah antikritik/Net
rmol news logo Pemerintahan yang baik adalah yang mau mendengarkan kritik. Bukan yang langsung bereaksi negatif ketika ada kritik yang diarahkan kepada mereka.

“Baik (kritik) yang membangun maupun yang menjatuhkan. Bukan yang segera bereaksi untuk menyerang balik, atau membiarkan bawahan atau orang-orang yang mengatasnamakan dirinya menyerang balik,” kata pakar hukum tata negara, Refly Harun, melalui akun Twitternya @ReflyHZ, Sabtu (30/5).

Jika demikian, tak ayal kritik terhadap pemerintah dari pihak-pihak ataupun orang yang peduli dengan negara menjadi kabur subtansinya lantaran diserang secara membabibuta.

“Kabur substansi kritiknya,” tekan Refly menambahkan.

Cuitan Refly ini sangat menggambarkan situasi saat ini, di mana pengktitik pemerintah justru diserang bahkan dibawa ke ranah hukum. Misalnya, Muhammad Said Didu yang dituduh melakukan pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Kemudian, wartawan senior Farid Gaban yang dilaporkan ke polisi oleh Muanas Alaidid atas tuduhan telah melakukan penyebaran berita bohong ataupun hoax melalui akun Twitternya. Pelaporan ini berkaitan dengan kicauan Farid Gaban, yang mengkritik kerja sama yang dibuat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki dengan situs jual-beli online, Blibli.com.

Terakhir, mantan prajurit TNI Angkatan Darat, Ruslan Buton, ditangkap oleh Polri karena dianggap telah melakukan tindakan makar lewat rekaman suaranya yang viral untuk meminta Presiden Jokowi mundur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA