MenPAN-RB Minta Seluruh ASN Siap Hadapi The New Normal

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo/Net

Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta beradaptasi dengan kerja baru dalam tatanan era new normal serta tetap menerapkan protokoler kesehatan yang ketat.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Senin (1/6).

"Pengertian kerja baru itu adalah mengoptimalkan layanan masyarakat dalam berbagai sektor," ujar Tjahjo Kumolo.

Selain itu, Tjahjo Kumolo juga berharap seluruh ASN tetap meningkatkan kinerjanya di bawah kepemimpinan kepala lembaga pusat maupun daerah. Pada prinsipnya semua harus bekerja, baik yang melayani kepentingan publik maupun hadir pada instansi yang ada. Baik saat bekerja dari rumah maupun di luar rumah.  

"Mekanismenya diserahkan oleh kepala pimpinan di pusat maupun daerah sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni tetap mengikuti arah petugas dan protokoler kesehatan," tegasnya.

Lebih lanjut, politisi PDIP ini menekankan protokol kesehatan harus dicamkan semua pihak, khususnya ASN itu sendiri dengan tetap memakai masker, rutin mencuci tangan, hingga jaga jarak saat bekerja.

"Termasuk saat menghadiri acara seremonial atau terbuka di lapangan, harus mengurangi jumlah orang maupun dengan melalui video call. Yang penting layanan ASN kepada seluruh masyarakat tetap terjaga dengan baik secara kualitas, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarat," imbuhnya.

Pola ini nantinya akan mengikuti perkembangan suatu daerah, apakah akan diterapkan PSBB atau tidak. Namun yang pasti, kata Tjahjo, seluruh ASN harus mengikuti arahan presiden dan kepala pimpinan masing-masing lembaga agar seluruh program dan pekerjaan dapat difokuskan secara optimal.

"Intinya ada tiga hal yang harus difokuskan. yakni, sistem kerja yang fleksibel, pengaturan kerja dan jam kerja, pengaturan infrastruktur penunjang, termasuk pemanfaatan aplikasi-aplikasi pendukung," demikian Tjahjo Kumolo.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar