Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemberlakuan New Normal, MPR Minta Pemerintah Pastikan Masyarakat Paham Protokol Kesehatan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 02 Juni 2020, 03:28 WIB
Jelang Pemberlakuan <i>New Normal</i>, MPR Minta Pemerintah Pastikan Masyarakat Paham Protokol Kesehatan Covid-19
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat/Net
rmol news logo Merespons rencana pemberlakuan kenormalan baru (the new normal) menghadapi pandemik virus corona baru (Covid-19), Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat minta pemerintah tidak hanya menyiapkan aturan.

Rerie karib disapa, mewanti-wanti pemerintah agar memastikan masyarakat paham dan siap dalam penerapan kenormalan baru di masa pandemi Covid-19.

"Masyarakat harus memahami bahwa new normal atau kenormalan baru bukan berarti kita akan kembali pada kebiasaan kita yang dulu. Tetapi kita benar-benar masuk pada kebiasaan baru yang mengedepankan pola hidup bersih dan disiplin menjaga jarak antarorang sesuai protokol kesehatan,” kata Lestari Moerdijat, Senin (1/6).

Kepastian kesiapan itu, jelas Rerie, bisa diawali dengan sosialisasi masif pemerintah terkait bagaimana tahapan pelaksanaan kenormalan baru dan protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

"Tentunya hal itu perlu didukung kemudahan akses mendapatkan informasi panduan kenormalan baru," ujarnya.

Jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan pola hidup sehat, menurut Rerie, adalah sejumlah hal yang wajib menjadi kebiasaan baru masyarakat.

"Pastikan pemahaman masyarakat itu juga sampai ke akar rumput."

Sebelum memasuki tahap kenormalan baru, Politisi Nasdem itu meminta pusat-pusat keramaian, seperti pasar, mal harus dipastikan sudah memiliki fasilitas tempat cuci tangan yang memadai. Selain itu mudah terlihat dan terjangkau oleh pengunjung.

Tempat-tempat yang berpotensi mengundang keramaian, tambah Rerie juga wajib memiliki tim khusus yang menangani tata kelola pengendalian Covid-19 setempat.

Bahkan, juga dilengkapi pos kesehatan yang memiliki kelengkapan test PCR dan pertolongan pertama untuk mengantisipasi penyebaran.

"Karena itu, tempat-tempat test PCR pun harus bisa diakses dengan mudah oleh para pedagang," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA