Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AHY: Apa Pun Tantangannya, Pancasila Selalu Relevan Bagi Bangsa Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 02 Juni 2020, 12:20 WIB
AHY: Apa Pun Tantangannya, Pancasila Selalu Relevan Bagi Bangsa Indonesia
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/Net
rmol news logo Pancasila lahir sebagai living guidance (pedoman hidup) yang telah melewati puluhan dekade dengan berbagai peristiwa penting, maupun beragam ujian. Selama itu pulalah Pancasila terbukti selalu relevan dalam setiap konteks zaman.

Demikian yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melalui akun Twitter pribadinya, Selasa (2/6).

Saat ini, lanjut AHY, negara di dunia khususnya Indonesia tengah dihadapkan dengan pandemik Covid-19. Memaksa masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beraktivitas di rumah secara terbatas.

"Kesenjangan ekonomi dan akses terhadap teknologi membuat sebagian di antara kita berpotensi kehilangan pekerjaan dan pendidikan. Lalu, bagaimana Pancasila bisa terus relevan di masa kini?" tanya AHY.

Menurutnya, amanat yang terkandung dalam setiap butir Pancasila yakni
Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, dan Keadilan, selalu menjadi nilai-nilai yang menjadi titik temu dalam keragaman bangsa ini dalam menjalani dinamika zaman yang silih berganti.

Putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menegaskan, sejatinya masalah esensial yang dihadapi bangsa Indonesia tetap sama.

"Keberagaman dan kompleksitas kita dalam berbangsa dan bernegara butuh titik temu untuk berdialog agar capai solusi yang bisa diterima seluruh elemen bangsa secara demokratis," ucapnya.

"Sesulit apa pun tantangannya, Pancasila akan selalu relevan bagi kita," tutup AHY. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA