Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Jadi Masalah Baru, Pimpinan DPR Kurang Setuju New Normal Pada Sektor Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 02 Juni 2020, 13:18 WIB
Khawatir Jadi Masalah Baru, Pimpinan DPR Kurang Setuju New Normal Pada Sektor Pendidikan
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Net
rmol news logo Pemerintah tengah melakukan kajian mengenai kehidupan normal baru yang bakal diterapkan dalam waktu dekat. Kehidupan normal baru tidak hanya lingkup orang dewasa, tapi juga akan melibatkan sekolah.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah meminta pemerintah untuk mengkaji kembali adanya kebijakan new normal terutama dalam hal pendidikan.

"Bulan lalu saya mengatakan bahwa, dalam penerapan new normal khusus sektor pendidikan, masih harus didetailkan karena menyangkut berbagai aspek. Salah satunya ya aspek keamanan anak-anak. Saya mendapatkan banyak pertanyaan dan keluhan, terkait hal ini," ujar Dasco, Selasa (2/6).

Menurut politisi Gerindra ini, sulit untuk memberikan garansi kepada sekolah agar anak-anak bisa terbebas dari bahaya Covid-19 yang menyebar lewat kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Yang ada akan menjadi masalah baru. Ketika ada salah satu murid yang terinfeksi. Sekolah akhirnya diliburkan lagi, dan sekolah akan mendapat tuntutan hukum dari orangtua," ucap Dasco.

Dia menerangkan wabah Covid-19 masih berlangsung dan juga belum ditemukan penawarnya hingga saat ini. Dia memberikan solusi agar Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim bekerjasama dengan Kominfo untuk membuat sebuah jaringan khusus pendidikan dari jarak jauh.

"Buat aplikasi khusus sekolah dan buat jalur koneksi internet tersendiri yang stabil. Setiap murid diberikan ID khusus untuk bisa akses ke aplikasi. ID itu akan masuk pada jalur internet khusus, sehingga bisa digunakan secara gratis, tidak membebankan orangtua murid. Karena tidak semua orangtua murid mampu membeli kuota," tutup Dasco. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA