Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala Bappenas: New Normal Tidak Rumit, Dan Tidak Perlu Dirumit-rumitkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 02 Juni 2020, 18:36 WIB
Kepala Bappenas: New Normal Tidak Rumit, Dan Tidak Perlu Dirumit-rumitkan
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa/Net
rmol news logo Rencana untuk mengembalikan aktivitas sosial ekonomi masyarakat di tengah pandemi virus corona baru Covid-19 akan berlangsung dalam waktu dekat. Namun, pemerintah menerapkan standar baku yang ketat terkait pelaksanaan tekhnis protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, penerapan protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah tidak sesulit seperti yang dipikirkan. Karena menurutnya, apa yang diatur di dalam protokol kesehatan sama dengan yang diterapkan di dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Tidak ada hal yang rumit di dalam beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam kehidupan yang akan datang. Dan kehidupan yang akan datang itu hanya tinggal beberapa pekan, beberapa hari, bahkan untuk beberapa daerah mungkin sudah ada yang mempraktikkannya," ujar Suharso Manoarfa dalam video conference yang ditayangkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covoid-19, Selasa (2/6).

Beberapa protokol kesehatan yang harus dijalankan masyarakat saat new normal antara lain disebutkan oleh Suharso Manoarfa. Diantaranya, menerapkan social distancing atau physical distancing baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Selain itu juga diharuskan menggunakana masker apabila meninggalkan rumah. Kemudian senantiasa mencuci tangan atau setidak-tidaknya hand sanitizer apabila sulit menemukan tempat mencuci tangan.

"Tradisi atau kebiasan baru ini adalah sebuah keniscayaan, sebuah kemestian ketika kita akan beradaptasi dengam kehidupan yang bersama-sama Covid-19," tegas Plt Ketua Umum DPP PPP ini.

Lebih lanjut, mantan anggota DPR ini mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan di era new mormal nantinya juga akan diatur lebih lanjut oleh banyak pihak. Misalnya di perkantoran, di tempat ibadah seperti masjid, gereja vihara dan lain-lain, atau bahkan di pusat perbelanjaan serta pasar.

"Dan masing-masing dari mereka, pihak manajemen, pasti akan memiliki standar bagaimana protokol kesehatan itu diberlakukan di masing-masing. Dan protokol kesehatan yang saya sampaikan seperti ini di setiap tempat kerumunan, atau tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja, vihara itu pasti mempunyai ketentuan-ketentuannya tersendiri," sebutnya.

"Di setiap mal, kemudian di pasar rakyat, kemudian nanti juga di tempat kerja, itu ada kekhasannya sendiri. Jadi tidak ada hal yang baru, tidak ada hal yang perlu dirumit-rumit kan, yang penting kita mau mempersiapkan diri, menjaga diri kita, menjaga keluarga kita tercinta dan orang-orang di sekitar kita," demikian Suharso Manoarfa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA